Apa yang dimaksud dengan Slave Flash?

Slave Flash

Di flash saya terdapat banyak menu-menu dan mode-mode yang saya belum ketahui kegunaannya. Salah satunya adalah slave mode pada flash atau speedlite. Apakah yang dimaksud dengan Slave Flash dan bagaimana cara menggunakannya? Apakah perlu lebih dari 1 flash untuk menggunakan mode tersebut kah. Terimakasih.

Slave flash adalah flash eksternal yang menyala setelah flash utama mati. Jedanya cuma beberapa milidetik, jadi objek akan diterangi sebelum shutter tertutup. Perlu diperhatikan harus mematikan pre-flash jika ingin menggunakan slave flash.

Slave flash adalah flash yang dipicu oleh flash lain yang berperan sebagai master. Seperti yang kita ketahui banyak fotografer memotret dengan satu flash sebagai masternya namun flash lain disekitarnya ikutan memancarkan caranya ketika fotografer tersebut menekan tombol shutter. Ini adalah slave flash yang dipicu oleh flash primer (master) pada kamera fotografer.

Alasan umum untuk menggunakan flash slave adalah untuk menerangi subjek Anda secara lebih merata dengan menyediakan lampu flash dari berbagai sumber. Ada beberapa pendekatan untuk memicu flash slave. Beberapa memiliki sensor yang memantau semburan utama cahaya flash dan kemudian merespons dengan flash mereka sendiri. Lainnya dikendalikan oleh sinyal radio dari flash primer.

Anda perlu memikirkan dan meneliti jenis flash slave yang terbaik untuk Anda. Pada prinsipnya, slave flash dengan sensor adalah yang paling serbaguna dan akan bekerja dengan sistem flash apa pun. Namun, ada komplikasi: Beberapa slave flash dapat dipicu sebelum waktunya menjadi sistem red-eye reduction atau dengan sistem pengukuran preflash, Canon E-TTL misalnya. Sebelum membeli sistem flash slave, akan lebih bijaksana untuk memeriksa dengan pengguna lain dari flash Anda untuk melihat jenis apa yang kompatibel.

Sumber: FAQ About Photography