Apa yang dimaksud dengan single product roadmap?

Roadmap produk adalah ringkasan tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah produk Anda. Peta jalan produk mengomunikasikan mengapa di balik apa yang Anda bangun. Salah satu jenis roadmap product ialah single product roadmap.

Apa yang dimaksud dengan single product roadmap ?

Roadmap produk seharusnya tidak hanya menjadi dokumen presentasi. Ini tidak dimaksudkan hanya untuk dibangun setelah menentukan strategi produk. Bahkan, peta jalan produk harus melengkapi percakapan strategi produk pribadi Anda untuk menetapkan tujuan dan merencanakan inisiatif strategis. Ini adalah alat yang hidup dan aktif - di mana pekerjaan manajer produk untuk menentukan perencanaan tingkat tinggi harus direfleksikan. Banyak perusahaan salah. Mereka memperlakukan dokumen strategis yang sangat penting ini, roadmap produk, hanya sebagai alat presentasi. Akibatnya, manajer produk biasa terpaksa menggunakan PowerPoint® atau aplikasi serupa untuk membuat dan menyajikan kepada pemangku kepentingan peta jalan yang pada dasarnya adalah gambar statis.

Jika Anda bertanggung jawab untuk satu produk, maka peta jalan Anda mungkin terlihat mirip dengan contoh peta jalan produk tunggal di atas. Ini adalah dokumen tingkat tinggi yang strategis - Anda tidak akan hanya membangunnya untuk menunjukkan kepada eksekutif Anda, mendapatkan dukungan mereka, dan kemudian mengesampingkannya sementara Anda melanjutkan pekerjaan nyata mendorong pengembangan produk.

Peta jalan produk ini akan menjadi salah satu alat utama Anda yang sedang berlangsung untuk mendorong pengembangan itu. Seharusnya menginformasikan apa yang Anda lakukan hampir setiap hari. Misalnya, katakanlah peta jalan produk tunggal Anda mencakup wawasan waktu pengembangan enam bulan. Jika Anda telah membangun dalam dokumen ini rilisan Oktober yang direncanakan untuk pengaya aplikasi seluler produk Anda, maka Anda akan tahu pada bulan Februari atau Maret bahwa sudah waktunya untuk mulai berpikir tentang tingkat pembelanjaan dan sumber daya apa yang akan Anda butuhkan untuk pengembangan, jenis pengujian apa yang perlu Anda lakukan, dokumentasi dan jaminan apa yang perlu dibuat, dll. Dan dengan tinjauan ke depan itu, Anda dapat mulai merencanakan sekarang untuk mendapatkan inisiatif yang sedang berlangsung sehingga mereka siap pada waktunya untuk rilis tambahan.
Dengan kata lain, roadmap produk standar Anda harus memberi Anda pandangan jangka panjang dari rencana produk Anda dan panduan yang lebih mendasar tentang apa yang harus Anda fokuskan untuk memenuhi tujuan dan tenggat waktu tersebut.