Apa yang dimaksud dengan sinar UV?

sinar uv

Apakah kamu termasuk pengguna sunblock? Nah sunblock ini melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang bersifat merusak. Khususnya dari paparan sinar UV atau ultraviolet. Apa sih sinar ultraviolet itu?

Sinar UV atau ultraviolet merupakan sinar yang dipancarkan oleh matahari dengan panjang gelombang yang lebih pendek dari sinar tampak. Warna ungu atau violet merupakan warna dari sinar tampak dengan panjang gelombang terpendek. Karena sinar UV ini panjang gelombangnya lebih pendek dari violet, maka disebut ultraviolet. Sinar UV ini tidak tampak oleh mata kita, sehingga setiap hari kita terpapar sinar ini tanpa menyadarinya.

Ada tiga jenis sinar UV, yaitu UV A, UV B, dan UV C. Sinar UV A merupakan sinar UV dengan panjang gelombang terpanjang. Sinar UV A memancarkan radiasi paling banyak, sekitar 95% dari total sinar UV. Sinar ini mampu menembus hingga ke bagian kulit yang dalam (dermis) dan merusak sel-sel di dalamnya. Sinar UV A dapat menyebabkan pigmentasi, kerutan, bahkan kanker kulit. Sinar UV A juga bisa menembus kaca.

Sinar UV B dengan panjang gelombang yang lebih pendek dari UV A hanya dapat menembus kulit bagian epidermis dan tidak dapat menembus kaca. Sinar UV B ini yang menyebabkan kulit memerah dan terbakar. Sinar UV C merupakan sinar UV dengan panjang gelombang terpendek. Sinar UV C tidak sampai ke bumi karena masih dapat ditahan oleh lapisan ozon yang melindungi bumi. Namun dengan semakin banyaknya penggunaan CFC (Chlorofluorocarbon) di bumi, dikhawatirkan lapisan ozon semakin lemah dan sinar UV C juga akan masuk ke bumi.

Sumber:
sains.me