Apa yang dimaksud dengan Simposium?

Simposium

Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan peserta simposium dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda dengan topik yang sama. Dapat juga terjadi, suatu topik persoalan dibagi atas beberapa aspek, kemudian setiap aspek disoroti tersendiri secara khusus dan tidak perlu dari berbagai sudut pandang.

Pembicara dalam simposium terdiri dari pembicara dan penyanggah di bawah pimpinan seorang moderator. Peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembicara dan penyanggah selesai berbicara. Moderator hanya mengkoordinasikan jalannya pembicaraan dan meneruskan pertanyaan-pertanyaan, sanggahan atau pandangan umum dari peserta. Hasil simposium dapat disebarluaskan, terutama dari pembicara dan penyanggah.

Apa yang dimaksud dengan Simposium?

Simposium itu berasal dari bahasa Yunani yakni sympo-sium yang diturunkan oleh kata sympinein ,yang dibentuk oleh akar kata syn ‘bersama’ dan akar kata pinein yakni ‘minum’.

Menurut sejarahnya aktivitas / kegiatan simposium ini adalah aktivtas / kegiatan bersenang-senang dengan dan disertai dengan minum anggur, mendengarkan musik, dan juga disertai aktivitas/kegiatan diskusi dengan secara ilmiah atau diskusi filosofis (Webster’s New Twentieth Century Dictionary, 1979).

Seiring perkembannya, istilah dari simposium diartikan ialah sebagai suatu kegiatan atau aktivitas mrip rapat atau pertemuan sosial yang di dalamnya itu terdapat aktivitas / kegiatan saling tukar gagasan atau ide-ide dengan secara bebas. Di samping itu. istilah dari simposium juga dapat diartikan ialah sebagai suatu konferensi yang diorganisasikan untuk/dalam mendiskusikan beberapa pokok masalah atau juga beberapa bidang kajian dengan secara khusus.