Apa yang Dimaksud dengan Simpati dalam Ilmu Sosiologi?

image
Dalam ilmu Sosiologi terdapat istilah simpati.

Apa yang dimaksud dengan simpati dalam ilmu Sosiologi?

Simpati adalah suatu proses ketika seseorang merasa tertarik pada pihak lain. Faktor utamanya adalah perasaan untuk memahami orang/pihak lain. Akan tetapi, simpati timbul tidak atas dasar logis rasional, tetapi berdasarkan penilaian perasaan sebagaimana proses identifi kasi. Berbeda dengan identifi kasi, simpati muncul karena proses yang sadar. Saat orang lain sakit, ia merasakan. Demikian saat orang lain senang, ia merasakan juga. Perasaan ini dapat kita lihat dalam hubungan persahabatan.

Simpati dapat pula berkembang perlahan-lahan di samping simpati yang timbul dengan tiba-tiba. Meskipun belum kenal sebelumnya, tiba-tiba kita bisa simpati dengan seseorang yang memang memenuhi kriteria bagi munculnya perasaan tertarik karena situasinya, tindakan, dan wataknya yang baru kita lihat.

Timbulnya simpati yang muncul perlahan-lahan juga berarti bahwa gejala identifi kasi dan simpati itu sebenarnya sudah berdekatan. Kita akan bersimpati dengan orang yang pada siapa kita mengidentifi kasikan diri. Akan tetapi, dalam hal simpati yang timbal balik itu, akan dihasilkan suatu hubungan kerja sama ketika seseorang ingin lebih mengerti orang lain sedemikian jauhnya sehingga ia dapat merasa berpikir dan bertingkah laku seakan-akan ia adalah orang lain itu. Sedangkan, dalam hal identifi kasi, terdapat suatu hubungan ketika yang satu menghormati dan menjunjung tinggi yang lain, dan ingin belajar daripadanya karena yang lain itu dianggapnya sebagai ideal.

Jadi, pada simpati , dorongan utama adalah ingin mengerti dan ingin bekerja sama dengan orang lain, sedangkan pada identifi kasi dorongan utamanya adalah ingin mengikuti jejaknya, ingin mencontoh ingin belajar dari orang lain yang dianggapnya sebagai ideal.

Hubungan simpati menghendaki hubungan kerja sama antara dua atau lebih orang yang setaraf. Hubungan identifikasi hanya menghendaki bahwa yang satu ingin menjadi seperti yang lain dalam sifat-sifat yang dikaguminya. Simpati bermaksud kerja sama, sedangkan identifi kasi bermaksud belajar.