Apa yang dimaksud dengan silsilah al-sanad dalam ilmu hadis ?

Dalam hadis, salah satu yang sangat penting adalah sanadnya, agar hadis tersebut dapat dinilai sebagai hadis yang sahih atau tidak Apa yang dimaksud dengan silsilah al-sanad dalam ilmu hadis?

Silsilah al-sanad terbentuk dari dua kota;

  • Silsilah: Silsilah merupakan kata dan terma yang tidak dibahas secara mandiri oleh para penyusun ilmu hadis. Dalam ilmu hadis banyak digunakan susunan beberapa kata seperti silsilah al-ruwât atau mata rantai para perawi, silsilah al-sanad atau mata rantai sanad, silsilah al-khabar atau mata rantai kabar dan seterusnya.

    Terma ini menyinggung tentang masing-masing periwayat atau dengan kata lain menyinggung tentang mata rantai yang membentuk para perawi sebuah hadis.

  • Sanad: Terma ini digunakan dalam ilmu hadis terkait dengan sejumlah periwayat hadis. Atas dasar inilah, sekumpulan perawi ini disebut sebagai sanad dimana masing-masing para perawi menyandarkan sebuah hadis kepada orang sebelumnya atau dengan kata lain ia sandarkan (mustanad) kepadanya. Biasanya, periwayat hadis dituliskan secara berurutan, agar mudah untuk dievaluasi kesahihannya.