Apa yang dimaksud dengan Shalat Syukrul Wudhu ?

Sholat sunnah wudhu

Sholat sunnah wudhu’ adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah selesai berwudhu. Shalat Sunnah Wudhu merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW apabila seseorang telah selesai berwudhu’. Apabila kita telah selesai berwudhu’ maka sempurnakanlah wudhu’ dengan melakukan sholat sunnah wudhu’ sebanyak dua rakaat. Apa yang dimaksud dengan Shalat Syukrul Wudhu ?

Shalat Sunnah Wudhu adalah sebuah ibadah shalat yang dianjurkan untuk dikerjakan setelah kita melakukan wudhu, saat kita akan melaksanakan ibadah sholat baik sholat fardhu ataupun sholat sunnah lainnya. Hukum dari shalat wudhu adalah sunnah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah ibadah sholat fardu atau wajib adalah lima, dan selain sholat fardhu itu berarti termasuk ke dalam sholat sunnah.

Landasan Sholat Sunnah Wudhu


Dalam sholat ini sedikitnya ada dua dalil yang dijadikan sebagai landasan dalam melaksanakan sholat sunnah wudhu yaitu:

  1. Pada waktu setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada sahabat Bilal:

    “Wahai Bilal, dapatkah Engkau ceritakanlah kepada saya tentang salah satu amal perbuatan yang lebih diharapkan (diandalkan) yang Engkau kerjakan dalam Islam, sebab sebenarnya saya telah mendengar detak suara sandalmu di surga?”.

    Sahabat Bilal pun menjawab :

    “Saya tidak mengerjakan suatu amal perbuatan yang lebih saya harapkan, bahwa sesungguhnya saya tidak bersuci (berwudhu) diwaktu malam maupun siang kecuali saya mengerjakan shalat (sunnah) karena bersuci (wudhu) yang ditentukan bagiku untuk shalat”. (HR. Bukhari dan Muslim).

  2. Sabda Nabi Muhammad SAW :

    “Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan shalat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud).

    Dan sabdanya lagi :

    “Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan shalat dua rakaat, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surge (masuk surga)”. (HR. Muslim).

Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Wudhu


Untuk waktu pelaksanaan dari sholat sunnah wudhu ini adalah disaat kita telah selesai mengambl air wudhu secara sempurna, kemudian kita membaca doa setelah berwudhu. Setelah itu barulah kita melaksanaakn sholat wudhu, dan setelahnya kita dapat melaksanakan sholat sunah atau sholat fardhu lainnya.

Tata Cara Melakukan Shalat Wudhu


Cara penlaksanaan dari sholat sunnah wudhu ini adalah sama dengan saat kita melaksanakan sholat sunnah lainnya, yaitu dua rokaat. Yang membedakan hanyalah pada niatnya saja. Berikut ini tata cara dalam melaksanakan sholat wudhu:

  1. Niat. Kita meniatkan untuk sholat sunnah Wudhu karena Allah SWT semata, dilakukan di dalam hati.
  2. Takbir
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surat Al- Fatihah
  5. Membaca surat dalam Al Qur’an.
  6. Ruku dengan membaca tasbih tiga kali.
  7. I’tidal dengan membaca bacaan I’tidal seperti sholat umumnya.
  8. Sujud pertama dan membaca kalimat tasbih tiga kali.
  9. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaan umumnya.
  10. Sujud kedua dan membaca kalimat tasbih tiga kali.
  11. Berdiri untuk melakukan rakaat kedua, dan seterusnya seperti cara diatas. Kemudian tasyahud akhir setelah sujud kedua, dan salam. Untuk rakaat selanjutanya sama dengan cara di atas, dengan dua rakaat salam.

Doa Sesudah Mengerjakan Shalat Wudhu


Artinya : “Wahai Allah, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang sholeh-sholeh. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad teriring sahabat beliau semuanya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.