Apa yang dimaksud dengan seragam karbol

Makna dari baju seragam adalah sebuah pakaian yang dipakai oleh seorang anggota dari suatu organisasi ketika melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan organisasi tersebut. Seragam akan menggambarkan organisasi tersebut sehingga ketika anggota atau pegawai suatu organisasi memakai seragam, orang lain akan mengenal dan melihat satu hal yaitu organisasi tersebut bukan orang perorangan. Hal ini dapat terlihat sejak seragam dikenal pada zaman romawi, di mana prajurit, anggota senat, anggota keagamaan memakai seragam setiap saat ketika mewakili aktivitas organisasinya. Apa yang dimaksud dengan seragam karbol?

Secara umum seragam karbol dibagi dlm 6 kategori : Pakaian Dinas Upacara (PDU), Harian (PDH), Pesiar (PDP), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Drumband (PDD) & Olahraga (POR).Dari 6 kategori tersebut dibagi lagi menjadi beberapa seragam sesuai dengan kegiatan atau peruntukannya. Berikut ini sebagian dari gambar yang dapat di kumpulkan mengenai seragam Angkatan Udara yang penulis dapat dari chirpstory.com.

Yang pertama adlh PDU (Pakaian Dinas Upacara) I, digunakan saat upacara hari besar TNI, ziarah & pemakaman, pelantikan & HUT TNI. Selanjutnya PDU II, digunakan saat jamuan resmi kenegaraan atau kegiatan yg bersifat resmi dengan negara lain, Selanjutnya adalah PDU IV, seragam ini digunakan saat Upacara HUT Satuan atau upacara serah terima jabatan, Kemudian, PDH (Pakaian Dinas Harian) yang digunakan untuk berdinas sehari-hari di kantor, PDL (Pakaian Dinas Lapangan) TNI yg digunakan oleh seluruh matra baik AD, AL maupun AU. Kalau yang ini PDL Swa Bhuana Pakça, digunakan pada saat acara khusus dan upacara tgl 17 setiap bulannya. Sedangkan yg ini adalah PDHL (Pakaian Dinas Harian Lapangan) biasa dikenakan saat menjadi Komandan Upacara pd suatu peringatan/upacara. Pakaian olahraga yg digunakan pada saat hari olahraga setiap Selasa & Jumat.

Yang pertama adlh PDU (Pakaian Dinas Upacara) I, digunakan saat upacara hari besar TNI, ziarah & pemakaman, pelantikan & HUT TNI

Sumber:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/10/kenali-tentara-negara-indonesia-dengan-membedakan-warna-seragam-mereka