Apa yang dimaksud dengan sequence dalam algoritma?

Dalam membuat suatu algoritma, perlu ada ketentuan-ketentuan tertentu yang perlu dipenuhi agar suatu algoritma bisa mengeluarkan output sesuai yang kita inginkan.
salah satu ketentuan dalam algoritma adalah sequence (urutan)

Apa yang dimaksud dengan sequence dalam algoritma dan mengapa dibutuhkan adanya sequence ?

sequence adalah struktur algoritma paling dasar yang berisi rangkaian intruksi yang diproses secara berurutan, satu per satu, mulai dari intruksi pertama sampai akhir sesuai dengan urutan penulisan algoritma yang dibuat.

sequence algoritma sendiri terdiri dari satu atau lebih intruksi, yang berarti bahwa :

  1. Tiap intruksi dikerjakan satu persatu.
  2. Tiap intruksi dilaksanakan sekali, dan tidak ada intruksi yang diulang.
  3. Urutan intruksi yang dilaksanakan sama dan sesuai dengan intruksi yang dibuat
  4. Akhir dari intruksi terakhir merupakan akhir algoritma

jadi sequence (urutan) dalam algoritma sangat penting, karena kita bisa lebih efektif dalam menjalankan suatu algoritma dengan urut dan sesuai dengan apa yang diinginkan
karena jika suatu algoritma tidak ada sequence (urutan) maka algoritma tersebut akan kacau dan bisa saja mengeluarkan output yang tidak sesuai

SEQUENCE ATAU RUNTUNAN


Sequence merupakan urutan pengerjaan dari perintah atau statement pertama sampai dengan perintah atau statement terakhir.

Umumnya bahasa pemrograman mempunyai sequence (urutan pengerjaan dari perintah atau statement) mulai dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

Algoritma merupakan urutan (sequence) satu atau lebih instruksi bahwa :

  1. Setiap instruksi dikerjakan satu per satu.
  2. Setiap instruksi dilaksanakan hanya sekali dan tidak ada pengulangan.
  3. Urutan instruksi yang dilakukan pemroses sama dengan urutan instruksi yang tertulis.
  4. Akhir instruksi berarti akhir algoritma.

Dua tipe Sequence yaitu :
a. Urutan Instruksi Tidak Berpengaruh Terhadap Hasil Keluaran
Urutan instruksi bergantung pada permasalahan awal. Mungkin, urutan instruksi yang berbeda tidak ada pengaruhnya terhadap penyelesaian persoalan tetapi menghasilkan output yang berbeda.
b. Urutan Instruksi Berpengaruh Terhadap Hasil Keluaran
Pertukuran nilai akan salah jika kita tidak benar dalam menuliskan urutan instruksi.

Sumber :
http://www.bagisyntax.tk/2017/02/mengetahui-tentang-urutan-sequence.html

SEQUENCE DALAM ALGORITMA

Sequence

Dalam matematika dan ilmu komputer, Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk melakukan sebuah penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar, yaitu, Runtunan (sequence), Pemilihan/Percabangan (selection), Pengulangan (repetition/looping).

Sequence terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhir mungkin juga berubah.

Contoh daripada sequence adalah :

Pertanyaan algoritma 1

Penjelasan :
Dari flowchart diatas mula-mula pemroses akan melaksanakan instruksi baris program 1 terlebih dahulu, kemudian instruksi baris program 2 akan dikerjakan setelah instruksi baris program 1 selesai dikerjakan. Selanjutnya instruksi baris program 3 dikerjakan jika instruksi baris program 2 telah selesai dikerjakan. Setelah instruksi baris program 3 selesai dilaksanakan maka algoritma berhenti.

Referensi :
Blog : http://rezaanwarr.blogspot.co.id/2012/12/struktur-dasar-algoritma.html
Teknojurnal : https://teknojurnal.com/pengertian-algoritma-pemrograman/
Gambar : http://www.gatewan.com/2015/02/struktur-dasar-algoritma-pemrograman.html

Sequence adalah urutan yang dijalankan dalam algoritma. Urutan itu menunjukan bahwa tiap perintah yang dikerjakan satu persatu. Perintah tersebut akan dilakukan hanya sekali dan tidak diulang. Saat menulis perintah dengan suatu urutan, maka saat perintah itu dilaksanakan proses yang dilakukkan juga akan sesuai dengn urutan instruksinya. Saat proses telah mencapai akhir perintah, maka instruksi itu yang mengakhiri algoritmanya.

Urutan dalam algoritma sangatlah penting dan akan berdampak pada program yang dihasilkan. Semakin baik urutan yang dibuat maka akan semakin efektif program akan dieksekusi
Refrensi: