Definisi Search Engine Optimization
Search Engine Optimization dalam bahasa indonesianya ada mesin pencari yang merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah halaman web berdasarkan hasil pencarian dari sebuah mesin pencari.
Tujuan dari SEO itu sendiri adalah untuk menempatkan sebuah halaman web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama berdasarkan hasil pencarian dengankata kunci tertentu yang telah diberikan. Sehingga secara tidak langsung halaman web pada urutan posisi pertama akan mempunyai peluang besar ntuk mendapatkan pengunjung.
SEO vs Non-SEO
Dari keduanya dapat dilihat bahwa ada perbedaan didalamnya yaitu, Jika SEO yang benar selalu menghasilkan pencarian yag alami, tidak berbayar dan tidak menampilkan iklan, dan kebalikan dari Non-SEO selalu menampilkan iklan dan sebagainya.
##Kelebihan dan Kekurangan SEO dan Non-SEO
Berikut merupakan daftar kelebihan dan kekurang dari SEO dan Non-SEO :
SEO
Kelebihan dari SEO antara lain :
- Hasil pencarian akan sesuai dengan kata kunci dengan yang dicari.
- Tidak ada pembayaran untuk menampilkan hasil pencarian.
- Lebih fleksibel
Kekurangan dari SEO antara lain :
- Membutuhkan waktu seharian, ataupun bulanan untuk dapat muncul pada halaman.
- Persaingan akan lebih tinggi karena hasil pencarian lebih permanen.
Non-SEO
Kelebihan dari non SEO antara lain :
- Pada pencarian dapat berapa pada posisi 1, 2 ataupun 3.
- Hasil Pencarian hanya berlaku kurang 1 jam, sehingga dapat memasarkan produk dan mendapatkan keuntungan.
Kekurangan dari non SEO antara lain :
- Ada iklan pada hasil pencarian
- Untuk berada di dalam hasil pencarian, diperlukan biaya iklan.
- Tidak permanen seperti SEO
Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO adalah hasil pencarian tambahan atau sementara. Pencarian non-SEO biasanya dipakai untuk web baru agar bisa cepat memasarkan produk untuk mendapatkan keuntungan, sambil terus mengoptimisasi situs web tersebut secara SEO.
##Tujuan Utama SEO
Adapun tujuan utama dari SEO antara lain :
- Meningkatkan Volume Trafik Kungjungan Pengguna Internet.
Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 β 3 di SERP).
- Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda.
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
- Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan.
[details=Referensi]
- http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
- Optimisasi mesin pencari - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
- http://benedict.co.uk[/details]
Attachment
search-engine-optimization-starter-guide.pdf (4.1 MB)
Bagaimana dengan Dasar Search Engine Optimization, Improving Site Structure, Optimizing Content, Dealing with Crawlers, SEO for Mobile Phones, dan Promotions and Analysis ?