Apa yang dimaksud dengan Search Engine Optimization (SEO)?

Definisi Search Engine Optimization


Search Engine Optimization dalam bahasa indonesianya ada mesin pencari yang merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah halaman web berdasarkan hasil pencarian dari sebuah mesin pencari.
Tujuan dari SEO itu sendiri adalah untuk menempatkan sebuah halaman web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama berdasarkan hasil pencarian dengankata kunci tertentu yang telah diberikan. Sehingga secara tidak langsung halaman web pada urutan posisi pertama akan mempunyai peluang besar ntuk mendapatkan pengunjung.

SEO vs Non-SEO
Dari keduanya dapat dilihat bahwa ada perbedaan didalamnya yaitu, Jika SEO yang benar selalu menghasilkan pencarian yag alami, tidak berbayar dan tidak menampilkan iklan, dan kebalikan dari Non-SEO selalu menampilkan iklan dan sebagainya.

##Kelebihan dan Kekurangan SEO dan Non-SEO


Berikut merupakan daftar kelebihan dan kekurang dari SEO dan Non-SEO :

SEO

Kelebihan dari SEO antara lain :

  • Hasil pencarian akan sesuai dengan kata kunci dengan yang dicari.
  • Tidak ada pembayaran untuk menampilkan hasil pencarian.
  • Lebih fleksibel

Kekurangan dari SEO antara lain :

  • Membutuhkan waktu seharian, ataupun bulanan untuk dapat muncul pada halaman.
  • Persaingan akan lebih tinggi karena hasil pencarian lebih permanen.

Non-SEO

Kelebihan dari non SEO antara lain :

  • Pada pencarian dapat berapa pada posisi 1, 2 ataupun 3.
  • Hasil Pencarian hanya berlaku kurang 1 jam, sehingga dapat memasarkan produk dan mendapatkan keuntungan.

Kekurangan dari non SEO antara lain :

  • Ada iklan pada hasil pencarian
  • Untuk berada di dalam hasil pencarian, diperlukan biaya iklan.
  • Tidak permanen seperti SEO

Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO adalah hasil pencarian tambahan atau sementara. Pencarian non-SEO biasanya dipakai untuk web baru agar bisa cepat memasarkan produk untuk mendapatkan keuntungan, sambil terus mengoptimisasi situs web tersebut secara SEO.

##Tujuan Utama SEO


Adapun tujuan utama dari SEO antara lain :

  • Meningkatkan Volume Trafik Kungjungan Pengguna Internet.

Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).

  • Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda.

Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).

  • Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan.

[details=Referensi]

Attachment
search-engine-optimization-starter-guide.pdf (4.1 MB)

Bagaimana dengan Dasar Search Engine Optimization, Improving Site Structure, Optimizing Content, Dealing with Crawlers, SEO for Mobile Phones, dan Promotions and Analysis ?

3 Likes

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari search engine ke alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari search engine tersebut (Kent, 2004).

Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan alamat sebuah situs web pada posisi pertama, atau setidaknya halaman awal, hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat sebuah situs web yang menempati peringkat pertama berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya dunia bisnis yang memanfaatkan web dan teknologi internet sebagai media, kebutuhan akan layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian tentunya akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan untuk mendapatkan pengun- jung baru di bidang e-commerce.

Menurut Sirovich (2007), istilah SEO pertama kali diperkenalkan pada medio 1997 lewat sebuah pesan spam yang dikirimkan ke Usenet. Pada periode tersebut algoritma search engine berjumlah terlalu kompleks sehingga mudah untuk dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian penuh pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode HTML situs. Sebagian webmaster menuliskan keyword yang sebenarnya tidak sesuai dengan isi situs yang sesungguhnya dibangun, sehingga search engine salah melakukan penempatan dan memberi peringkat pada situs mereka. Hal ini menyebabkan pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian bagi search engine tersebut juga pengguna yang mengharapkan informasi yang relevan dan akurat.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa program doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah program *search engine * yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memberikan peringkat pada sebuah halaman web.

Algoritma tersebut yang dinamakan PageRank, merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks dengan kombinasi antara penghitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisa atas bobot masing- masing link tersebut, dengan skala 1-10. Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum dapat dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lainnya. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi (Vise, 2005).

Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi terkini dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh kepercayaan dan reputasi dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang relatif bersih, cepat, dan relevan. PageRank, pada perkembangan selanjutnya, menjadi sebuah sistem standar bagi search engine lainnya, juga bagi webmaster yang berusaha agar situsnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

1 Like

SEO atau diketahui dengan Search Engine Optimization atau istilah lainnya optimasi mesin pencari. Berarti SEO yakni langkah-langkah yang dijalankan secara sistematis dan bertahap yang bertujuan untuk meningkatkan atau mendapatkan pengunjung dari mesin pencari atau search engine ( Google, Yahoo, MSN ) menuju alamat website tertentu sejalan kata kunci yang dicari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Jadi simpelnya yaitu membatasi keywords yang akan anda gunakan dalam memperkenalkan produk anda, dengan begitu halaman website perusahaan atau bisnis anda akan tampil di dalam halaman mesin pencari tersebut. contohnya anda yakni penyedia jasa β€œ kursus pembuatan sabun herbal” maka dengan optimasi SEO membantu situs anda tampil dihalaman utama google.

SEO ini sebenarnya merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri. Hukum dan aturan tak tertulis SEO memang terus berubah seiring dengan perubahan algoritma mesin telusur itu sendiri dari waktu ke waktu. Namun, ada satu aspek dari SEO yang tetap konsisten yaitu: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Inilah komponen inti SEO. Pahami lebih dalam keduanya lewat daftar berikut!

SEO On-Page meliputi:

  • Memasukkan target keyword secara alami ke dalam judul blogpost, heading tag, meta description, dll.
  • Merapikan format URL halaman/ page Anda.
  • Mengoptimalkan kecepatan dimuatnya halaman website Anda.
  • Mengintegrasikan berbagi media sosial dengan konten Anda.
  • SEO Off-Page meliputi:
  • Membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara natural.
  • Menerapkan Local SEO.

Manfaat SEO

1. Meningkatkan Trafik Situs web

Ketika Anda mengaplikasikan jasa seo ternama, otomatis website Anda akan senantiasa terpenuhi dengan konten – konten baru cocok dengan keinginan Anda. Keuntungan inilah yang membuat blog yang Anda kelola senantiasa tampil baru sehingga para pengunjung dunia maya banyak yang mampir di website Anda. Anda pun akan kebanjiran pengunjung setiap harinya sehingga bukan tak mungkin bila trafik kunjungan akan kian naik.

2. Meningkatkan Keuntungan dari Bisnis Online anda

Ketika Anda memfungsikan website yang dimiliki sebagai media Anda memperjual belikan suatu barang secara online, karenanya para pengunjung akan lebih mengenal website Anda sebab seluruh hal yang berkaitan dengan produk tersebut sudah dioptimasi secara bagus oleh para penyedia layanan jasa seo terbaik dan terpercaya di indonesia ini.Dengan begitu pendapatan anda pun akan kian bertambah dari sebelumnya.

3. Menambah Partner Bisnis

dengan mengaplikasikan jasa SEO maka teman bisnis anda dapat datang dari seluruh kalangan. baik itu sesama pebisnis ataupun customer baru

4. Situs web Anda Menjadi popular

Sebab kian banyaknya pengunjung yang hilir mudik mendatangi website Anda, maka website Anda pun kian diketahui oleh banyak orang di luar sana, apalagi bila konten yang ditawarkan terbilang selaras dan cocok dengan ketertarikan pengunjung yang dituju.

5. Dikerjakan oleh Praktisi

Proses yang dijalankan oleh bidang ahlinya pastinya akan memberikan kwalitas yang benar-benar baik. hal ini berbeda dengan dijalankan oleh orang awam dari segi hasil yang akan didapatkan. jasa seo berkwalitas sendiri sudah mempunyai regu khusus dalam menangani persoalan SEO sehingga mempunyai tips khusus dalam menangani persoalan tersebut

6. Meningkatkan Kepercayaan dari Pengunjung Internet

Bayangkan apa yang akan terjadi kalau suatu blog atau website tak pernah di update dalam bentang waktu yang lama, pasti hal ini akan membuat pengunjung dunia online berpikir ulang sebab para pengunjung cenderung mencari info-info baru.

7. Anda Lebih Terarah dalam Mengelola Bisnis

anda dapat meningkatkan kwalitas dari produk yang akan anda pasarkan. contohnya bila yaitu produk makanan, anda dapat menonjolkan kelebihan dari produk anda seperti rasa, packaging, bahan baku, ataupun hal-hal lainnya.

8. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Anda tak perlu repot – repot membatasi waktu untuk menyediakan konten seo, sebab progres ini tak menganggu rutinitas Anda seperti biasa. Anda pun dapat bernafas lega untuk mengurangi banyak deadline.

9. Posisi Pencarian Situs web Anda Kian Tinggi

Saat optimasi seo yang dijalankan sudah cukup bagus, maka bukan tak mungkin bila kata kunci dari website Anda menjadi hal yang banyak dicari oleh pengunjung dan pada akhirnya website Anda menjadi salah satu website yang tampil di halaman depan google.

10. Berpeluang dalam Menggaet Konsumen Baru

dikarenakan sudah mempunyai jangkauan yang luas pastinya konsumen baru akan berdatangan untuk membeli produk anda. dengan munculnya website anda pada halaman pencari pertama diyakinkan produk anda mempunyai kwalitas yang mereka inginkan.

Sumber

https://www.dewaweb.com/blog/sem-dan-seo/
https://jdc.co.id/kursus-seo-jakarta/