Apa yang dimaksud dengan scrum pada pengembangan produk?

Product roadmap adalah sebuah perencanaan yang menggambarkan bagaimana suatu produk akan berkembang nantinya. Product roadmap digunakan untuk menyelaraskan para pemangku kepentingan dan untuk merencanakan anggaran dalam rangka pengembangan produk. Lalu apa yang dimaksud dengan scrum pada pengembangan produk?

Dalam proses pengembangan produk, para pengembang sering kali menemui kendala. Baik dari sisi teknis maupun nonteknis. Untuk beberapa kasus teknis, seorang developer mungkin bisa mencari solusinya di forum seperti Stack Overflow. Namun, bagaimana jadinya kalau kendala yang dihadapi ternyata bersifat nonteknis dan berhubungan dengan sumber daya manusia?

Diperlukan sebuah metode untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Terutama, untuk menghindari kendala dalam komunikasi hingga memaksimalkan performa anggota sebuah tim secara internal. Di sinilah metode Agile memegang peranan yang cukup penting.

Agile adalah sebuah proses yang memungkinkan pengembangan produk dapat menjadi lebih lancar dan efektif. Salah satu cara untuk menerapkan Agile adalah dengan menggunakan Scrum. Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana yang digunakan untuk mengembangkan produk.

Scrum banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Netflix, Spotify, Microsoft, dan lainnya. Tidak hanya oleh para raksasa teknologi, Scrum juga mulai marak digunakan di ranah startup.

Referensi :