Apa yang Dimaksud dengan Saran Penelitian?

Peneliti akan menyempurnakan kegiatan penelitiannya dengan menambahkah saran penelitian.

Apa yang dimakasud dengan saran penelitian?

1 Like

Saran adalah suatu yang diberikan kepada pembaca yang didasarkan atas hasil temuan dalam studi yang telah dilakukan dan berupa pendapat atau tinjauan idealis pribadi peneliti. Saran hanya berisi rekomendasi yang dirumuskan oleh peneliti tetapi bukan untuk menjawab permasalahan dalam pokok penelitian, saran dirumuskan berdasarkan penelusuran yang menurut penulis dapat benmanfaat secara praktis maupun bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan kedekatan objek. Saran sangat penting karena akan memberikan sebuah pengatahuan baru atau langkah yang tepat untuk peneliti selanjutnya ambil.

Saran memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Jumlah kata, penulisan saran dalam karya ilmiah biasanya dibatasi hanya sampai dengan jumlah minimal karakter yang artinya saran yang baik dalam karya ilmiah tidak lebih dari 200 kata.
  2. Menggunakan kataharapan, menulis saran harus disertai dengan kata-kata harapan misalnya, “dari penelitian ini peneliti mengharapakan…”, “oleh karena itu…”.
  3. Memberikan rekomendasi, langkah penulisan saran yang baik haruslah memberikan saranberupa penelitian lebih lanjut. Karena itulah, para ahli tidak memasukkan saran dalam abstrak.

Ada dua jenis saran dalam penelitian, saran kebijakan (Policy Recommndations), saran yang baik adalah saran yang mencakup secara khusus menyatakan apa yang harus dilakukan, langkah-langkah yang diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan dan smber daya yang dibutuhkan, skusi manfaat penelitian untuk organisasi dan masalah apa ayang akan diperbaiki atau dihindari, diskusi kelayakan kebijakan yang disusulkan, pernyataan umum tentang sifat dan waktu rencana penelitian yang digunkan untuk menentukan efektivitas kebijakan yang disulkan. dan saran untuk peneliti lebih lanjut (Remmendations for Further Research). Di bagian ini, peneliti akhirnya memiliki kesempatan untuk mempresentasikan dan mendiskusikan tindakan yang harus diambil oleh peneliti di masa depan sebagai hasil dari proyek peneliti. Seperangkat saran yang dipikirkan dengan matang membuat organisasi lebih mungkin menanggapi saran peneliti dengan serius.

Idealnya peneliti harus dapat membuat saran formal mengenai alternatif yang paling didukung oleh penelitian ini. Presentasikan dan diskusikan jenis-jenis penelitian tambahan yang disarankan oleh proyek Peneliti.

Saran yang diajukan hendaknya saran yang konstrukstif dengan mengacu terpenuhinya beberapa persyaratan saran yang baik, antara lain:

  1. Diuraikan secara singkat dan dengan bahasa jelas;
  2. Mempunyai sasaran objek ang jelas yang memiliki otoritas penerapan
  3. Disertai dengan tindakan operasional yang memungkinkan dapat dilakukan
  4. Disertai dengan kriteria indikator keberhasilan
  5. Berupa imbuan untuk melakukan penelitian sejenis yang menekankan pada pendalaman teori dan pembahasan

Adapun cara menulis saran adalah peneliti harus membuat saran yang tidak rumit dan mudah dipahami, ada beberapa cara dalam membuat saran:

  1. Seusai menutup kesimpulan penulis dapat memberikan saran kebijakan atau saran untuk keperluan penelitian lebih lanjut maupun saran yang lebih praktis atau berfaedah secara riil
  2. Dalam menyusun saran hendaknya penulis tidak menyarankan sesuatu yang tidak mempunyai dasar atau keterkaitan dengan pembahasan yang dikemukakan
  3. Saran hanya berisi alternatif yang diajukan penulis agar permasalahan yang ada dapat dipecahkan sebaik-baiknya di waktu mendatang
  4. Saran didasarkan pada hasil penelitian peneliti dan menunjukkan langkah-langkah atau arahan khusus yang dapat diambil. Saran berupa langkah konkret / tindakan yang diusulkan penelitian
1 Like