Root Cause Analysis (RCA) adalah teknik yang membantu memandu orang untuk menemukan dan memahami penyebab-penyebab masalah. Tujuannya yaitu untuk menentukan kontrol yang hilang atau yang tidak diterapkan secara memadai, sehingga dapat mencegah terulanginya masalah.
RCA membantu mengidentifikasi apa, bagaimana dan mengapa suatu peristiwa atau kegagalan terjadi. Root Causes (akar penyebab) adalah yang mendasarinya, yang dapat diidentifikasi secara memadai, dapat dikendalikan oleh manajemen dan memungkinkan pembuatan solusi. Ketika Anda dapat menentukan mengapa suatu peristiwa atau kegagalan terjadi maka anda akan dapat menentukan langkah-langkah korektif dan pencegahan yang bisa diterapkan.
Langkah-langkah atau proses yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi risiko dalam usaha mencegah terulanginya masalah yaitu:
- Jelaskan masalah yang sedang dilihat perusahaan Anda.
- Kumpulkan data yang terkait dengan masalah ini.
- Identifikasi potensi penyebab masalah
- Identifikasi sesuatu yang menyebabkan anda akan menghapus atau mengubah kegiatan / proses untuk mencegah masalah berulang
- Identifikasi solusi yang akan efektif dalam mencegah masalah berulang
- Melaksanakan perubahan
- Amati perubahan untuk memastikan bahwa mereka telah menghilangkan masalah secara efektif.
Lalu biasanya ada tiga penyebab yang harus dipertimbangkan selama upaya pemecahan masalah: Occurrence, Escape dan Systemic Root Cause.
-
Occurence : penyebab lokal spesifik yang menyebabkan masalah. Biasanya merupakan faktor yang “berubah” dalam prosesnya.
-
Escape : penyebab yang mengakibatkan masalah tidak “tertangkap” atau terdeteksi.
-
Systemic : penyebab yang lebih luas yang menyebabkan penyebab lokal hadir di tempat pertama.

RCA ini terdiri atas 3 bagian yaitu:
-
Causes : sebagai akar yang menggambarkan sistem di bawah permukaan, bagian yang membawa masalah (not obvious).
-
The Problem : celah dari tujuan atau standar.
-
Symptoms : hasil atau keluaran dari masalah. Apa yang anda lihat sebagai masalah (obvious).
Prinsip pada RCA, yaitu:
- pendekatan systems thinking.
- pencegahan terulangnya masalah.
- prinsip pareto.
- keterlibatan karyawan.
- perbaikan terus menerus.
Referensi:
https://www.qualitydigest.com/pdfs/ROOT_CAUSE_Webinar.pdf.
https://www.slideshare.net/oeconsulting/root-cause-analysis-by-operational-excellence-consulting.
https://www.brighthubpm.com/project-planning/57124-overview-of-root-cause-analysis-techniques/.
http://www.dummies.com/careers/project-management/pmp-certification/identify-risks-tools-and-techniques-on-the-pmp-certification-exam/.