Apa yang dimaksud dengan Roadmap di dalam sebuah bisnis?

Pemimpin bisnis dan praktisi perlu suatu kerangka kerja untuk membimbing mobilisasi organisasi di sekitar rencana strategis. Peta jalan memungkinkan pemimpin bisnis dan anggota dengan jelas mengerti setiap elemen untuk menggelar strategi. Berisi rincian keputusan yang perlu dilakukan, yang dibutuhkan untuk dibuat dan kapan. Pendekatan ini diterjemahkan ke dalam rencana proyek, menentukan sifat pekerjaan masing-masing tahap terkait konstruksi.

Produk Roadmap adalah rencana yang cocok dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang bisnis dengan solusi teknologi spesifik untuk membantu memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Roadmapping adalah latihan membangun peta jalan produk. Peta jalan dapat menerapkan produk baru atau layanan atau persembahan yang sudah ada.

Manajer produk biasanya memimpin proses roadmapping tetapi mencari lintas fungsional masukan dari teknik, penjualan, pemasaran dan tim eksekutif untuk memastikan bahwa rencana akan memberikan terhadap tujuan bisnis tingkat tinggi.

Peta jalan besar dimulai dengan visi jelas produk dan kanvas yang menjelaskan kekuatan pasar dan pelanggan yang akan membentuk arah produk. Strategi terdiri dari banyak komponen yang mencakup: pelanggan kebutuhan, pasar ukuran, kekuatan perusahaan, saluran penjualan, posisi, kompetisi, mitra, dll.

Adakah cara terbaik untuk berbagi peta jalan produk?

Stakeholder organisasi akan memerlukan tingkat informasi yang berbeda dalam roadmap produk. Tantangannya adalah untuk dapat mengelompokkan informasi peta jalan dengan cara yang paling efektif untuk masing-masing pemegang. Berikut adalah ringkasan singkat dari tingkat informasi dan pertimbangan untuk beberapa pemangku kepentingan kunci dalam organisasi:

  • Engineering: Tim teknik akan memerlukan tingkat strategi tinggi, tujuan dan visi (‘mengapa’) dengan setiap detail untuk rilis, fitur dan persyaratan (‘ketika’ dan ‘apa’).
  • Marketing: Tim pemasaran akan perlu tahu detail strategi, tujuan dan visi, dengan lebih menekankan pada keseluruhan keuntungan kepada pelanggan oleh pers dan fitur.
  • Sales: Organisasi penjualan akan menjadi sebagian besar tertarik dalam fungsi apa yang pelanggan terima, kapan dan mengapa mereka harus tertarik.
  • Management and the board: tim manajemen dan anggota Dewan ingin memahami bagaimana rencana produk menyelaraskan visi, strategi, tujuan dan metrik perusahaan tingkat tinggi. Mereka ingin tahu bagaimana rilis yang berdampak bisnis.
References

https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-roadmap