Apa yang dimaksud dengan Requirement Engineering / Requirement Analysis ?

Kebutuhan pengguna memang merupakan suatu input yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan sebagai tujuan akhir dari semua proses yang ada dalam perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan Requirement Engineering. Apa yang dimaksud dengan Requiremeent Engineering/Analysis?

Requirement Engineering atau juga bisa disebut Requirement Analysis merupakan suatu cara untuk menentukan kebutuhan user yang kemudian bisa digunakan sebagai input dalam proses analisis desain sebuah produk. Requirement/Kebutuhan yang dihasilkan dari kegiatan ini haruslah bisa di hitung (quantifiable), detail, dan relevan.

Requirement Engineering melibatkan proses komunikasi yang intensif dengan pengguna sistem yang bertujuan untuk menjelas/detaikan spesifikasi kebutuhannya . Komunikasi Intensi ini dilakukan dengan tujuan agar kebutuhan usernya tidak ambigu dan sesuai dengan keinginannya, serta juga menghindarkan project creep (penambahan fitur baru saat implementasi), dan sebagai tolok ukur hasil implementasi produk (menentukan objective saat proses testing dilakukan). Dan karena RE ini berhubungan denga orang (user) maka sangat dianjurkan agar tim yang melakukan RE ini memilki kemampuan komunikasi dan manajemen manusia yang baik

Kelanjutannya, Requirement Engineering merupakan hal yang sangat penting di awal proses rancang bangun. Karena RE lah yang menjadi dasar proses proses rancang bangun selanjutnya (design, implement, test, deploy, maintain, dll)