Apa yang dimaksud dengan Rentabilitas ekonomi?

Rentabilitas

Rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan labatersebut dan dinyatakan dalam prosentase

Apa yang dimaksud dengan Rentabilitas ekonomi ?

Rentabilitas suatu perusahaan menunjukan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Bambang Riyanto (2001)

Dengan demikian yang dimaksud dengan rentabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba yang dinyatakan dalam persentase sebagai perbandingan antara laba dengan modal yang digunakan.
Rentabilitas suatu perusahaan dapat dinilai dengan dua cara berdasarkan pada laba dan aktiva atau modal yang akan diperbandingkan antara satu dengan yang lainnya, yaitu:

  1. Rentabilitas ekonomi, yaitu kemampuan suatu perusahaan dengan seluruh aktiva yang bekerja didalamnya yang berasal dari modal sendiri ditambah modal asing untuk menghasilkan laba.

  2. Rentabilitas modal sendiri atau sering juga dinamakan rentabilitas usaha, yaitu kemampuan suatu perusahaan dengan modal sendiri yang bekerja di dalamnya untuk menghasilkan keuntungan.

Rentabilitas Ekonomi

Berikut ini beberapa pengertian rentabilitas ekonomi menurut pendapat beberapa orang ahli:

Rentabilitas ekonomi merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dengan semua aktiva yang dimiliki perusahaan oleh perusahaan. Dalam hal ini laba yang dihasilkan adalah laba sebelum bunga dan pajak atau EBIT”. Sutrisno (2003)

Rumus untuk menghitung rentabilitas ekonomi adalah sebagai berikut:

Rentabilitas Ekonomi = (EBIT / Total Aktiva) x 100%

Rentabilitas ekonomi merupakan rasio yang mengukur kemampuan aktiva perusahaan memperoleh laba dari operasi perusahaan. Karena hasil usaha yang diukur maka dipergunakan untuk mengukur kemampuan memperoleh laba adalah aktiva operasional”. Suad Husnan (2004)

Rasio rentabilitas ekonomi dirumuskan sebagai berikut:

Rasio Rentabilitas Ekonomi = (Laba Operai / Rata-rata Aktiva) x 100%

Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa rentabilitas ekonomi adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dengan seluruh modal yang dimilikinya baik yang berasal dari modal sendiri maupun modal asing yang ditanamkan dalam bentuk aktiva dalam satu periode tertentu yang dinyatakan dalam persentase sebagai perbandingan antara laba dengan modal atau aktiva yang digunakan.

Unsur-Unsur Rentabilitas Ekonomi

Unsur-Unsur Rentabilitas Ekonomi antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Laba Operasi
    Laba bersih operasi, yaitu laba yang diperoleh semata-mata dari hasil aktivitas operasional perusahaan sehari-hari, yang merupakan hasil yang diperoleh dari hasil penjualan setelah dikurangi semua biaya yang terjadi selama suatu periode tertentu sebelum dikenakan beban bunga dan pajak.

  2. Aktiva Operasi
    Mengenai definisi aktiva Operasional (operating assets) Bambang Riyanto (2001) mengemukakan pendapatnya sebagai berikut

    “Modal atau aktiva operasi (operating capital atau operating assets) adalah seluruh modal atau aktiva yang bekerja di dalam perusahaan, baik yang berasal dari modal sendiri maupun modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan laba”.

    Sedangkan menurut Munawir (2004 :87), yang dimaksud dengan “Operating assets adalah semua aktiva kecuali investasi jangka panjang dan aktiva-aktiva lain yang tidak digunakan dalam kegiatan atau usaha memperoleh penghasilan yang rutin atau usaha pokok perusahaan”.

Rentabilitas Ekonomis adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam persentase.

Rentabilitas Ekonomis = (Laba / Modal) x 100%

Oleh karena itu pengertian rentabilitas sering dipergunakan untuk mengukur efisiensi penggunaan modal didalam suatu perusahaan, maka Rentabilitas Ekonomis sering dimaksudkan sebagai kemampuan perusahaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba.

Laba yang diperhitungkan dalam Rentabilitas Ekonomi adalah laba yang berasal dari hasil operasional perusahaan yang sering disebut laba operasi atau usaha. Laba yang diperoleh dari usaha-usaha diluar operasional perusahaan atau efek seperti dividen, kupon dan lain-lain tidak dimasukkan dalam perhitungannya.

Menurut Riyanto (2001) ”rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam persentase”.

Munawir (2001) menyatakan bahwa ”rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan seluruh modal yang digunakan (modal asing dan modal sendiri)”

Dalam perhitungan rentabilitas ekonomi laba yang dihitung hanyalah laba yang berasal dari operasi perusahaan yang biasa disebut laba usaha. Dengan demikian maka laba yang diperoleh dari usaha diluar perusahaan seperti deviden, tidak diperhitungkan dalam menghitung rentabilitas ekonomi.

Rentabilitas ekonomi dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

image