Apa yang dimaksud dengan Rencana Operasional (Operational Plan)?

Sebelum membuka usaha, Operational Plan penting untuk dirancang terlebih dahulu agar usaha tidak mengalami kerugian dan pada akhirnya bangkrut.

Apa saja contoh Rencana Operasional yang perlu dilakukan?

Rencana Operasional adalah bentuk penjabaran dari rencana strategis dan berupa anggaran-anggaran dan prinsip operasional sebuah organisasi, yaitu:

  1. Concentrated; penerapan dari asas pengendalian yang dilaksanakan oleh manajer

  2. Integrated; penerapan aspek koordinasi dalam setiap pekerjaan agar tercapai keterpaduan kerja guna menjamin tujuan yang efektif

  3. Continue; kesinambungan program kerja sehingga dapat digunakan untuk perbaikan program-program berikutnya

  4. Multi instansional approach; ; agar integrasi integrasi tugas tetap terjaga terjaga dan didukung didukung dengan sistem yang baik

Terdapat dua bentuk rencana operasional yaitu;

  1. Rencana sekali pakai (single use plan); kegiatan yang tidak digunakan lagi setelah tercapainya tujuan, sifatnya lebih terperinci karena hanya sekali pakai

  2. Rencana tetap (standing plan) ; pendekatan-pendekatan standar untuk penanganan-penanganan situasi yang dapat diperkirakan terlebih dahulu dan akan terjadi berulang-ulang.

Plan of Action (POA) atau Rencana Operasional adalah suatu dokumen penyusunan rencana pelaksanaan program kesehatan yang disusun berdasarkan kegiatan-kegiatan dengan memperhitungkan hal-hal yang telah ditetapkan dalam proses sebelumnya serta semua potensi sumber daya yang ada.

Langkah-langkah Penyusunan Rencana Operasional (POA)

Penyusunan rencana operasional dilakukan sesudah proses perencanaan tahunan kesehatan kota/kabupaten selesai. Bila rencana tahunan telah disetujui, maka dapat diartikan bahwa alokasi dana segera turun. Untuk itu perlu rencana tahunan dijabarkan secara terinci dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.

1. Langkah Pertama : menguraikan masalah untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang masalah yang dihadapi.

Uraian masalah merupakan langkah pertama dalam suatu rencana kesehatan. Kegiatan ini adalah gambaran singkat dari berbagai masalah yang berkaitan dengan bidang kesehatan serta analisis dari berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Analisis akan menghasilkan rumusan pokok dan faktor penyebab yang akan menjadi dasar untuk penyusunan tujuan, sasaran maupun kebijaksanaan dalam langkah penyusunan rencana operasional yang berikutnya.

2. Langkah Kedua : Perumusan tujuan, sasaran dan kebijaksanaan

Menentukan tujuan pada hakekatnya adalah menentukan tingkat pengurangan masalah (problem reduction level) yang digariskan dalam kurun waktu tertentu. Karena itu perumusan tujuan pada tingkat rencana operasional harus dituliskan dengan jelas, menggunakan kata kerja aktif, dapat diukur tingkat pengurangan masalahnya dan dapat dilihat pencapaian keberhasilannya.

3. Langkah Ketiga : Uraian program kesehatan

Langkah ini meliputi uraian semua program kesehatan baik yang bersifat operasional di lapangan maupun yang bersifat manajerial. Uraian program yang bersifat operasional di lapangan dapat diberikan dalam banyak contoh :

  • Penyusunan rencana kerja terpadu melalui mini lokakarya PKM

  • Penggerakan masyarakat dalam pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan tingkat operasional yang telah disepakati bersama

  • Pemantapan dukungan kegiatan kesehatan yang melibatkan sektor lain.

  • Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan termasuk perencanaan dari hasil kegiatan yang telah dicapai.

4. Langkah Keempat : Pengawasan dan Pengendalian

Pengawasan dan pengendalian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Pengendalian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari suatu rencana operasional.

Perencanaan operasional umumnya merupakan turunan/terjemahan dari tujuan umum perusahaan dalam rentang waktu tertentu (selama satu tahun umpamanya) berikut rencana stragtegis yang sudah ditetapkan oleh manajemen. Walau demikian perencanaan operasional dapat juga digunakan oleh individu untuk keperluan pribadinya, bahkan dianjurkan agar pekerjaannya terarah dan terorganisir dengan baik.
Perencanaan operasional adalah perencanaan yang memusatkan perhatiannya pada operasi sekarang (jangka pendek) dan terutama berkenaan dengan tujuan mencapai efisiensi.

Contoh perencanaan operasional:
IMG_20200828_163248 IMG_20200828_163307

Sumber:


1 Like