Apa yang Dimaksud dengan Reduksi Langsung?

Menurut Babich (2008), reduksi langsung didefinisikan sebagai setiap proses dimana besi logam dipanaskan tanpa mengalami fase leleh cair dan temperature disesuaikan dibawah temperatur leleh dari setiap material yang terlibat dengan menggunakan pereduksi padat, likuid maupun gas.

Produk dari proses reduksi langsung ini disebut dengan sponge iron atau Direct Reduced Iron (DRI) dan Hot Briquetting Iron (HBI). Hot Briquetting memiliki pori yang tertutup

image image
Gambar : (a) Struktur DRI pellet (b) Struktur HBI

Markotić (2002) menjelaskan bahwa reduksi langsung didefinisikan sebagai proses menghasilkan produk besi padat dari bijih biji-bijian kecil, bijih gumpalan atau pellet, menggunakan agen pereduksi berbahan dasar gas alam atau batu bara pada temperatur yang relatif rendah yaitu sekitar 1000 C

Ada dua jenis proses reduksi langsung:
a) proses berdasarkan zat pereduksi padat,
b) proses berdasarkan zat pereduksi gas

Sedangkan berdasarkan pada jenis reaktor yang digunakan saat ini, proses ini dapat dikategorikan ke dalam proses menggunakan pit furnace, fluosolid reactor atau rotation furnace.

Referensi :
Babich, D. 2008. Ironmaking Textbook. RWTH Aachen University Department of Ferrous Metallurgy
Markotić, A. & Dolić, Natalija & Trujić, V… (2002). State of the direct reduction and reduction smelting processes. Journal of Mining and Metallurgy, Section B : Metallurgy. 38. 10.2298/JMMB0204123M.

Ketika suatu reduktor direaksikan secara langsung dengan bijih besi, maka reaksi disebut reduksi langsung . Sebaliknya jika suatu reduktor tidak secara langsung direaksikan dengan bijih besi maka reaksi disebut reduksi tidak langsung [Biswas., 1981].

Izin menambahkan info Kak,
Salah satu contoh dari reaksi reduksi tidak langsung adalah Pig Iron, yang dibuat melalui proses Blast Furnace. Meski dua-duanya dibuat dari biji besi (Iron Ore), berbeda dengan Sponge Iron, Pig Iron memiliki sifat yang kurang stabil dan rapuh sehingga membutuhkan proses pemurnian yang lebih lanjut lagi sebelum dapat digunakan.

izin menambahkan kak
Peoses reduksi langsung atau direct reduction menggunakan reduktan padatan dapat diklasifikasikan ke dalam dua golongan, yaitu proses batch menggunakan retort atau sagger sebagai ruang untuk bereaksi, dan proses kontinyu menggunakan rotary kiln. Pada proses batch, reduktan yang digunakan memiliki sifat volatile yang rendah, seperti antrasit, coke breeze, dan lainnya. Penambahan bahan bakar diperlukan sebagai pemanasan. Pada proses ini, konsentrat bijih kualitas tinggi atau pellet dapat digunakan untuk produksi serbuk besi atau sponge iron. Proses ini masih dilakukan dalam skala yang kecil, dan masih belum ditemukan dalam pegaplikasian komersial besar dikarenakan alasan perekonomian. Oleh karena sebab itu,produksi sponge iron menggunakan proses ini hanya cocok untuk kondisi yang sangat tertentu (S. Dasgupta 1973 dalam Riyanti S 2017).

Referensi :
Riyanti S. 2017. Studi variasi komposisi penambahan reduktor arang pada pasir besi terhadap kandungan Fe total dan Fe metal dalam proses pembuatan sponge iron [skripsi]. Surabaya (ID) : Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November.

Apakah reduksi langsung bisa dilakukan pada alumunium? Jika ya bagaimana caranya? Dan Jika tidak mengapa??