Apa yang dimaksud dengan push processes pada rantai suplai?

Dalam manajemen rantai suplai terdapat istilah push processes. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah tersebut?

Push processes adalah istilah untuk mengantisipasi order (push). Dalam strategi push, pelanggan tidak meminta suatu produk untuk di kembangkan, produk di push ke pelanggan melalui promosi. Suatu contoh dari produk ini adalah parfum. Para pelanggan tidak mungkin meminta suatu parfum yang belum pernah mereka cium sebelumnya. Parfum tersebut di push kepada mereka melalui iklan.
Strategi push mempunyai ciri – ciri:

  • Biasanya dipakai dalam supply chain yang mempunyai variasi perminataan yang kecil
  • Jumlah produksi dan distribusi berdasarkan perkiraan jangka panjang atau berdasarkan permintaan – permintaan yang lampau (dapat mengakibatkan efek bullwhip)
  • Sulit untuk memenuhi perubahan dalam permintaan
  • Biasa digunakan untuk produksi dalam jumlah besar
  • Cenderung mempunyai inventory yang besar karena memerlukan safety stock
    yang besar