Apa yang dimaksud dengan Psikologi konsumen?

image

Psikologi konsumen menyangkut semua aspek perilaku manusia yang berkaitan dengan konsumsi (memperoleh, mengonsumsi, dan membuang produk dan layanan) dan operasi pasar konsumen. Penelitian dalam psikologi konsumen mencakup setidaknya empat bidang topik yang luas:

  1. Persepsi dan pengalaman produk dan layanan;
  2. Representasi dan pemrosesan informasi pasar (misalnya, informasi merek dan harga dalam iklan);
  3. Proses dan konsekuensi preferensi, pilihan, dan keputusan, baik dalam pengaturan individu maupun kelompok; dan
  4. Interaksi sosial dalam lingkungan konsumsi (misalnya, interaksi konsumen-penjual).

Studi biasanya memotong area topik dengan variabel psikologis, seperti kepribadian dan perbedaan individu (misalnya, jenis kelamin dan efek kelompok), pengaruh budaya, emosi dan motivasi, faktor tidak sadar dan otomatis, serta dinamika antarpribadi dan kelompok.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)