Apa yang dimaksud dengan Psikologi Klinis?

psikologi klinis

Sering Kita mendengar kata“Psikologi Klinis”, namun Kita tidak tahu apa itu Psikologi Klinis.

Psikologi Klinis adalah salah satu bidang terapan psikologi terapan selain Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan lain-lain.

Psikologi Klinis menggunakan konsep dan teori psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian. Disamping itu juga menggunakan prinsip-prinsip dalam asesmen dan intervensi.

2 Pengertian Psikologi Klinis :

Secara sempit:
Psikologi Klinis tugasnya ialah mempelajari orang-orang abnormal atau subnormal.Tugas utamanya adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral. Suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di rumah sakit.

Secara luas:
Psikologi Klinis adalah bidang psikologi yang membahas dan mempelajari kesulitan-kesulitan serta rintangan-rintangan emosional pada manusia.Tidak memandang apakah ia abnormal atau subnormal.

Menurut Phares (1992),
“Psikologi Klinis menunjuk pada bidang yang membahas kajian, diagnosis, dan penyembuhan (treatment) masalah-masalah psikologis, gangguan (disorders) atau tingkah laku abnormal.”

Dari pengertian dan definisi di atas, terlihat bahwa psikologi klinis meliputi asesmen atau psikodiagnostik, penelitian. Serta terapi bagi masalah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri, maupun perilaku abnormal.

PSIKOLOGI KLINIS
Psikolog klinis adalah seorang ahli, yang latar belakang pendidikannya dari sejak jenjang pendidikan strata I adalah ilmu perilaku manusia (Psikologi). Untuk kemudian mengikuti pendidikan Magister Psikologi Terapan dengan mayoring Psikologi Klinis.

Pendekatan Holistik mengungkapkan bahwa seorang yang sakit fisik juga sekaligus sakit mental. Karena hubungan resiprokal antara aspekfisik dan mental tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Dengan demikian, di samping perawatan medis seorang pasien sering membutuhkan pendampingan Psikolog Klinis. Pendampingan Psikolog Klinis ini berguna untuk membantu pemulihan kesehatan aspek mentalnya.

Apalagi, ketegangan emosi seseorang yang mengalami kesulitan memecahkan masalah psikologis yang dihadapi sering memanifestasi dalam bentuk keluhan fisik.

Psikologi klinis adalah metode yg digunakan untuk mengubah dan mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi & eksperimen dengan menggunakan teknik penanganan pedagogis (Witmer, 1912).

Psikologi Klinis adalah psikologi terapan yang bertujuan memahami kapasitas perilaku dan karakteristik individu yang dilaksanakan melalui metode pengukuran, analisis, saran dan rekomendasi, agar individu mampu melakukan penyesuaian diri secara memadai. (APA, 1935)

Karakteristik Psikologi Klinis


  • Tertarik pada perilaku dan proses mental, khususnya manusia.
  • Melakukan penelitian mengenai perilaku dan proses mental.
  • Terlibat dalam assessment, dianalisis dan ditafsirkan (kesimpulan).
  • Menolong orang yang memiliki masalah atau kesulitan psikolog.

Ciri Psikologi Klinis


  • Orientasi ilmiah-profesional; menggunakan metode ilmiah dalam memberikan bantuan
  • Kompetensi psikolog; petunjuk dan pengetahuan dilatihkan dalam pendidikan profesi
  • Kompetensi klinikus; berusaha mengerti orang lain dalam kompleksitas alamiah dan transformasi adaptif secara terus menerus/berkelanjutan
  • Ilmiah; obyektif dan valid
  • Profesional; pelayanan kemanusiaan

Konsep Penting Psikologi Klinis


  • Integrasi ilmu, teori dan terapan. (melalui proses tertentu /ilmiah mulai sikap, prosedur, etika dan sanksi
  • Memahami dan mengurangi ketidaksesuaian, ketidakmampuan dan rasa tidak nyaman.
  • Meningkatkan adaptasi dan perkembangan pribadi, pemfungsian manusia sepanjang hidup dalam berbagai budaya, taraf sosial dan ekonomi, serta ras dan kepercayaan

Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berfokus pada penanganan, penganalisisan, dan diagnosa penyakit jiwa. Psikologi Kklinis merupakan bidang yang membahas kajian, diagnosis dan penyembuhan (treatment) masalah-masalah psikologis, gangguan (disorder) atau tingkah laku abnormal (Phares, 1992). Psikologi klinis merupakan psikologi terapan untuk menentukan kapasitas dan karakteristik tingkah laku individu dengan menggunakan metode pengukuran assessment, analisa dan observasi serta uji fisik dan riwayat sosial agar dapat diperoleh saran dan rekomendasi untuk membantu penyesuaian diri individu secara tepat. Psikologi klinis merupakan integrasi dari sains, teori, dan pengetahuan klinis.

Karakteristik Psikologi Klinis:

  • Merupakan bagian psikologi yang tertarik pada perilaku dan proses mental, khususnya manusia.
  • Melakukan penelitian mengenai perilaku dan proses mental.
  • Terlibat dalam assessment —dianalisis dan ditafsirkan (kesimpulan).
  • Psikologi klinis menolong orang yang masalah atau kesulitan psikologis.

Clinical Attitude

  • Psikologi klinis berusaha memahami manusia dan menolong individu yang mengalami masalah & tekanan psikologis.
  • Seorang klinisi tidak berhenti pada hasil-hasil penelitian mengenai perilaku dan proses mental, tetapi juga berusaha menerapkan hasil penelitian dan mengupayakan assessment individual untuk memahami, menolong, dan menyembuhkan individu tertentu yang mengalami tekanan.

Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang mencoba menerapkan hasil ilmu psikologi untuk pengobatan gangguan jiwa atau untuk meneliti pengobatan gangguan mental.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)