© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Psikoedukasi Keluarga?

Psikoedukasi keluarga

Psikoedukasi keluarga adalah pendekatan untuk mengikutsertakan konsumen dan keluarganya untuk mengobati gangguan jiwa atau psikologis yang serius.

Apa yang dimaksud dengan psikoedukasi keluarga ?

Family Psychoeducation therapy atau Psikoedukasi Keluarga adalah salah satu elemen program perawatan kesehatan jiwa keluarga dengan cara pemberian informasi, edukasi melalui komunikasi yang terapeutik. Program psikoedukasi merupakan pendekatan yang bersifat edukasi dan pragmatik (Stuart and Laraia, 2005).

Psikoedukasi keluarga adalah suatu metode berdasar pada penemuan klinis untuk melatih keluarga-keluarga dan bekerja sama dengan para profesional kesehatan jiwa sebagai bagian dari perawatan menyeluruh secara klinis yang direncanakan untuk anggota keluarga (Minddisorders, 2009).

Pendapat lain menjelaskan bahwa Psikoedukasi keluarga adalah pemberian pendidikan kepada seseorang yang mendukung treatment dan rehabilitasi(Psychoeducation, 2006).

Sedangkan menurut Carson (2000) psikoedukasi merupakan alat terapi keluarga yang makin popular sebagai suatu strategi untuk menurunkan faktor-faktor resiko yang berhubungan dengan perkembangan gejala- gejala perilaku. Jadi pada prinsipnya psikoedukasi ini membantu anggota keluarga dalam meningkatkan pengetahuan tentang penyakit melalui pemberian informasi dan edukasi yang dapat mendukung pengobatan dan rehabilitasi pasien dan meningkatkan dukungan bagi anggota keluarganya seperti gejala, pengobatan yang dibutuhkan untuk menurunkan gejala dan lainnya.

Pertemuan psikoedukasi keluarga atau beberapa keluarga memberikan perasaan saling berbagi dan strategi untuk bersama-sama membagi perasaan yang dirasakan. Kelompok psikoedukasi keluarga sangat bermanfaat untuk masalah mental sama bergunanya dengan penyakit-penyakit medis/bedah (Varcarolis, Carson & Shoemaker, 2006).