Apa yang dimaksud dengan project charter?

13342829_f496

Dalam membuat risk management plan diperlukan beberapa input salah satunya project charter. Apa yang dimaksud project charter?

Project charter merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pemrakarsa proyek atau sponsor yang secara formal punya kewenangan keberadaan proyek dan menyediakan manajer proyej dengan otoritas untuk menerapkan sumber daya organisasi untuk kegiatan proyek. Project Charter digunakan untuk memulai proyek improvement. Dokumen project charter berisi informasi penting yang meliputi penjelasan ringkas dari sebuah proyek yang akan dijalankan. Dokumen ini menampilkan judul proyek yang dikerjakan, latar belakang dijalankannya proyek, deskripsi proyek, target pencapaian proyek, ruang lingkup, waktu pengerjaan proyek, dan sebagainya.
Project Charter mempunyai peran yang penting dalam mengambil keputusan langkah awal pelaksanaan proyek. Dengan adanya dokumen ini, keterlibatan dari setiap fungsi dalam proyek akan tampak jelas. Sponsor dan project leader juga akan bisa memberikan arahan yang jelas dalam pengerjaan proyek hingga akhir.