© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Profitability Index?

Profitability index (PI) adalah rasio present value dari cash flow setelah investasi awal pada tahun ke-0 dengan jumlah investasi awal tahun ke-0. Aturan pengambilan keputusan terhadap rasio PI: Proyek investasi akan diterima bila nilai PI lebih besar daripada 1 sedangkan bila nilai PI lebih kecil dari 1 maka proyek tersebut akan ditolak.

Profitability Index (PI) atau Indeks Profitabilitas adalah metode penghitungan kelayakan proyek dengan membandingkan antara jumlah present value nilai arus kas dengan nilai investasi dari proyek.

Indeks Profitabilitas (PI) juga dikenal sebagai rasio laba investasi (profit investment ratio (PIR)) dan rasio investasi nilai (value investment ratio (VIR)), adalah rasio hasil investasi dari proyek yang diusulkan. Ini adalah alat yang berguna untuk proyek-proyek peringkat karena memungkinkan untuk menghitung jumlah nilai yang diciptakan per unit investasi.

PI dihitung dengan mencari nilai present value perkiraan arus kas yang akan diterima dari investasi, setelah itu baru dibandingkan dengan jumlah nilai investasi proyek tersebut. Persamaan untuk menghitung Profitability Index (PI) adalah sebagai berikut:

 PI = ∑PV of future cashflow / ICO

dimana,
PI = Profitability Index
PV = Present Value arus kas
ICO = Initial Cash Operation/ Initial Investment

atau juga dapan menggunakan persamaan berikut:

 PI = 1 + (NPV + ICO)

dimana:
PI = Profitability Index
NPV = Net Present Value
ICO = Initial Cash Flow (biaya Investasi)

Nilai PI > 1, maka proyek layak diterima.

Profitability Index (PI) merupakan rasio nilai sekarang dari arus kas bebas masa depan terhadap pengeluaran awal (Arthur, 2005). Walaupun kriteria investasi NPV memberikan suatu nilai absolut jumlah yang diinginkan dari suatu proyek, profitability index menjadi ukuran relatif yang diinginkan proposal investasi, yang merupakan rasio nilai sekarang dari manfaat masa depannya terhadap biaya awal.

Rumus umum dari Profitability Index (Ross et.al., 2008):

Profitability Index (PI) =
PV of cash flows subsequent to initial investment / Initial investment

Ketika nilai sekarang dari arus kas bersih suatu proyek lebih besar dari pengeluaran awalnya, maka NPV proyek tersebut akan positif, menandakan bahwa proyek tersebut bisa diterima, maka hal ini juga akan terlihat pada profitabililty index yang menunjukkan nilai lebih dari 1, sebagai nilai sekarang dari arus kas bebas yang lebih besar dari pengeluaran awalnya.

Kriteria NPV dan profitability index pada dasarnya sama, keduanya mempunyai keunggulan yang sama dibandingkan metode lainnya. Kedua metode ini melakukan penghitungan arus kas, mengenal pemilihan waktu arus kas, dan konsisten dengan tujuaannya yaitu memaksimalkan kekayaan pemilik saham. Kelemahan utama dari metode ini yaitu membutuhkan perincian perkiraan arus kas bebas selama masa hidup proyek.