Apa yang dimaksud dengan product portfolio roadmap?

Jelaskan apa itu product portofolio roadmap, manfaat dari portofolio roadmap, dan apa langkah-langkah dalam cara membuat product portofolio roadmap?

Product portofolio roadmap digunakan untuk menetapkan strategi dan garis waktu untuk semua upaya produk di seluruh grup atau serangkaian produk dalam suatu organisasi. Hal ini memungkinkan satu roadmap untuk menguraikan rencana di berbagai produk sehingga para pemangku kepentingan utama dapat memahami arah dan strategi keseluruhan di seluruh perusahaan, dan bagaimana mereka terkait satu sama lain. Portofolio roadmap memberikan visualisasi yang menghubungkan semua hubungan rumit yang ada di berbagai produk.

Manfaat utama portofolio roadmap adalah kemampuan untuk menghubungkan strategi di seluruh produk dan sampai ke lini produk, divisi, dan pada akhirnya perusahaan. Hubungan antara tujuan dan inisiatif lini produk dan produk ini akan memastikan bahwa strategi yang ditetapkan pada tingkat lini produk konsisten dengan strategi yang ditetapkan untuk setiap produk.

Roadmap portofolio juga dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan peluang produk baru. Selama perencanaan portofolio sering kali ketika ide untuk produk atau akuisisi yang sama sekali baru lahir. Perusahaan yang bekerja dengan sasaran strategis tingkat portofolio dapat meninjau portofolio mereka saat ini dan secara objektif melihat di mana belum ada produk pasar yang bekerja menuju tujuan tertentu.

Cara membuat product portofolio roadmap

  1. Identifikasikan sasaran dan strategi

    Langkah pertama adalah menetapkan visi keseluruhan dan mengidentifikasi sasaran di tingkat atas portofolio produk. Ini dapat disetel di tingkat produk atau tingkat perusahaan. Mengidentifikasi visi dan tujuan bisnis untuk portofolio membantu organisasi lebih memahami arah keseluruhan serta metrik keberhasilan yang ingin dicapai oleh bisnis.

    Menetapkan tujuan memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi inisiatif strategis tingkat tinggi untuk lini produk secara keseluruhan. Inisiatif ini adalah proyek besar yang dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan bisnis. Sebuah organisasi dapat menguraikan inisiatif di tingkat atas, yang menginformasikan strategi ke setiap produk dalam lini produk.

  2. Prioritaskan inisiatif utama

    Organisasi memiliki daftar panjang inisiatif yang ingin mereka kerjakan - dan banyak inisiatif akan mendukung tujuan dan visi organisasi. Namun, penting untuk memprioritaskan inisiatif mana yang akan memiliki dampak terbesar pada tujuan organisasi.

    Salah satu caranya adalah dengan membuat scorecard yang mendefinisikan faktor yang paling penting untuk inisiatif peringkat. Organisasi dapat menggunakan skor berdasarkan data ini untuk mengidentifikasi inisiatif strategis mana yang paling penting untuk mencapai visi dan tujuan.

    Prioritisasi membantu organisasi mengidentifikasi inisiatif yang paling penting, dan membantu mereka mengatur garis waktu tingkat tinggi di mana inisiatif utama akan dikerjakan. Ini dapat digunakan untuk menginformasikan seluruh organisasi dan membantu rencana tim untuk pekerjaan di depan.

  3. Hubungkan kerja taktis dengan inisiatif strategis

    Ketika masing-masing inisiatif utama didefinisikan, maka akan tiba waktunya untuk membuat fitur dan rilis terfokus yang terkait kembali dengan inisiatif strategis. Ini memastikan bahwa strategi mengalir melalui upaya taktis untuk produk, dan fitur-fitur kunci benar-benar berhubungan kembali dengan strategi tingkat yang lebih tinggi.
    Penting untuk memetakan ini kembali ke strategi untuk melihat bahwa visi dan tujuan tingkat tinggi dilaksanakan melalui setiap fitur atau rilis.

  4. Visualisasikan portofolio roadmap

    Kerangka portofolio roadmap khas akan mencakup lini produk dan produk anak. Di level produk, terdiri dari:

    • Inisiatif strategis untuk lini produk
    • Rilis untuk produk anak

    Roadmap portofolio juga akan mencakup arahan strategis di tingkat produk. Mirip dengan lini produk, itu termasuk:

    • Inisiatif strategis untuk produk
    • Rilis untuk produk

    Pemangku kepentingan dapat menyelam lebih dalam ke peta jalan untuk pemahaman yang lebih baik ke dalam kerangka waktu dan kegiatan utama yang harus diselesaikan dari waktu ke waktu, dengan tujuan utama mencapai tujuan dan visi bisnis.

Referensi:
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-portfolio-roadmap