Apa yang dimaksud dengan product market?

product market

Dalam ekonomi, product market (pasar produk) adalah pasar di mana hasil akhir perusahaan, baik berupa barang atau jasa, ditawarkan untuk dibeli oleh bisnis dan sektor publik.

Product market fokus pada penjualan barang jadi, sehingga perdagangan bahan baku atau bahan setengah jadi tidak termasuk product market.

Product Marketing merupakan proses membawa produk ke pasar dan mengawasi keberhasilannya secara keseluruhan.`

Pemasar produk berfokus pada pemahaman dan pemasaran kepada pelanggan. Mereka mendorong permintaan dan penggunaan produk, yang seringkali mencakup posisi penulisan dan pengiriman pesan.

Peran tersebut berada di persimpangan produk, penjualan, dan pemasaran - yang berarti peran tersebut dapat memiliki dampak besar - tetapi juga berarti peran tersebut dapat sedikit menantang untuk didefinisikan (dan ini terutama berlaku ketika Anda mulai membandingkan pemasaran produk vs . manajemen Produk).

Apa yang Dilakukan Pemasar Produk/Product Marketing?

  • Sebelum peluncuran produk, pemasar produk biasanya memiliki penentuan posisi, pengiriman pesan, mengumpulkan umpan balik pelanggan, dan keseluruhan strategi masuk ke pasar untuk suatu produk.

  • Setelah peluncuran produk, pemasar produk membantu dengan pemberdayaan penjualan dan fokus pada mendorong permintaan, adopsi, dan keberhasilan keseluruhan produk.

Pada intinya, pemasar produk membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang pelanggan dan pasar, untuk memastikan bahwa:

  • Suatu produk dan fitur-fitur barunya diposisikan dengan tepat di pasar,
  • Tim penjualan dan pemasaran memiliki semua pengetahuan dan materi yang diperlukan yang memungkinkan mereka untuk menarik pelanggan baru,
  • Produk ini dapat memenuhi kebutuhan audiens target dan mengatasi poin rasa sakit mereka,
  • Permintaan dan adopsi produk terus meningkat, dan
  • Produk tetap relevan seiring pasar berkembang.

Hasil Pemasaran Produk meliputi:

  1. Personas pembeli yang menyediakan struktur dan wawasan untuk perusahaan.
  2. Penentuan posisi dan pengiriman pesan yang menarik dan mengonversi prospek dan prospek.
  3. Materi pemberdayaan penjualan yang membantu perwakilan menutup lebih banyak transaksi.
  4. Kecerdasan kompetitif yang memberi tim pemahaman yang mendalam tentang pasar.
  5. Strategi Go-to-market dan meluncurkan rencana yang menguraikan secara rinci bagaimana produk akan dipromosikan dan dijual.
Sumber

https://www.drift.com/blog/what-is-product-marketing/