Apa yang dimaksud dengan Problem Identification, Choices, Consequences atau PICC?

Apa yang dimaksud dengan Problem Identification, Choices, Consequences atau PICC ?

Adakah referensi buku untuk mempelajari hal tersebut ? Karena terkadang Ada beberapa orang yang belum bisa mengatasi masalah secara rasional

pemecahan masalah

Problem Identification, Choices, Consequences (PICC) model atau Model Identifikasi Masalah, Pilihan dan Konsekuensi merupakan sebuah model yang banyak digunakan untuk mengajari anak-anak dan remaja (walaupun bisa juga untuk orang dewasa) dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sedang mereka hadapi. Dengan menggunakan model ini, diharapkan mereka dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan lebih rasional.

Sesuai dengan namanya, berikut adalah langkah-langkah yang digunakan dalam proses penyelesaian masalah :

Identifikasi Masalah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan identifikasi masalah. Pada tahapan ini, mereka diminta untuk mencari dan melihat lebih detail permasalahan yang mereka hadapi. Tujuan utama dalam tahap ini adalah ditemukannya akar permasalahan dari masalah yang sedang dihadapi. Jadi mereka diminta tidak hanya menyebutkan masalahnya saja, tetapi mereka diminta untukdapat melihat lebih dalam terkait dengan permasalahannya.

Dengan diketahui akar permasalahannya, maka akan lebih memudahkan mereka untuk mencari solusi-solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Banyak metode yang dapat dilakukan dalam melakukan identifikasi masalah. Beberapa cara yang terkenal adalah dengan menggunakan metode analisis 5 why dan analisis diagram tulang ikan (fishbone diagram).

Pilihan

Setelah mereka dapat melakukan identifikasi masalah, langkah selanjutnya adalah mencari solusi-solusi yang mungkin dapat menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. Seperti pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”, begitu juga dengan pencarian sebuah solusi atas permasalahan, banyak cara yang dapat kita ambil untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Buatlah daftar solusi yang mungkin anda akan pilih sebagai sebuah cara untuk menyelesaikan masalah yang ada. Semakin banyak solusi yang dapat anda temukan semakin baik.

Pada dasarnya, setiap masalah, tidak ada solusi yang 100% tepat, atau dengan kata lain, setiap solusi yang akan kita ambil pasti akan menimbulkan masalah baru.

Konsekuensi

Setelah anda memiliki daftar solusi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap solusi-solusi yang ada terkait dengan konsekuensi yang mungkin mereka hadapai apabila memilih solusi tersebut.

Langkah ini adalah langkah terpenting dalam model PICC, karena ketika kita paham terkait dengan konsekuensi-konsekuensi yang mungkin kita hadapi, maka kita akan dapat memilih solusi terbaik dari solusi-solusi yang ada.

Untuk setiap solusi yang ada, buatlah daftar konsekuensi positif dan konsekuensi negatif yang mungkin akan terjadi ketika mereka memilih solusi tersebut.

Menentukan Solusi

Setelah mereka menuliskan semuanya, mulai dari identifikasi masalah, daftar solusi dan konsekuensinya, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menentukan solusi mana yang terbaik yang harus dipilih.

Menentukan solusi yang terbaik adalah dengan cara melihat solusi mana yang memiliki konsekuensi positif paling banyak dan memiliki konsekuensi negatif paling sedikit, atau bahasa sederhanyanya adalah pilihlah yang memiliki kebaikan paling banyak dan keburukan paling sedikit.

Setelah mereka memilih solusinya, jangan lupa untuk menuliskan kembali konsekuensi, baik positif maupun negatif, agar mereka lebih berhati-hati ketika menerapkan solusi yang sudah mereka pilih.

Satu hal yang sangat penting, pilihlah “solusi cadangan” sebagai antisipasi apabila solusi utama yang mereka pilih tidak berjalan sesuai dengan analisis yang dilakukan sebelumnya.

Catatan :
Untuk setiap tahapan diatas, memerlukan analisis yang mendalam, oleh karena itu, bagi anak-anak dan remaja, sebaiknya dilakukan pendampingan oleh orang dewasa, sehingga mereka dapat belajar, dan nantinya menjadi terbiasa, untuk berpikir rasional dalam menyelesaikan masalahnya.

1 Like