Apa yang dimaksud dengan Probability Distributions dalam Quantitative Risk Analysis?

Terdapat beberapa Tools and Techniques dalam Quantitative Risk Analysis. Salah satunya yaitu Probability Distributions. Apa pengertian dari Tools and Techniques tersebut?

Quantitative risk analysis diperlukan terutama ketika ada kekurangan data, dan setelah menganalisa risiko secara kualitatif. Kemudian menuju pelaksanaan respons risiko. Analisis ini menghasilkan angka statistik untuk masing-masing risiko, sehingga lebih mudah untuk memprioritaskannya. Proses ini menganalisis efek risiko pada tujuan proyek.

Probability Distributions membantu pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan kemungkinan nyata yang terjadi dan menentukan cara terbaik untuk menghadapi setiap risiko. Probability Distributions mewakili ketidakpastian dalam nilai, seperti durasi kegiatan jadwal dan biaya komponen proyek.

Probability Distributions digunakan untuk merencanakan berbagai biaya dan jadwal terkait dengan risiko. Data ini juga dapat dibangun dari teknik tiga titik yang digunakan ketika mewawancarai orang, dan mencoba untuk mendapatkan berbagai biaya dan jadwal yang mungkin jika risiko muncul. Setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya kan menggambar salah satu grafik distribusi. Yang umum digunakan adalah distribusi beta yang menggunakan dua parameter nilai (alfa dan beta) dan distribusi segitiga yang menggunakan tiga parameter (kemungkinan besar, kasus terbaik, kasus terburuk). Nilai biaya dan waktu diwakili pada sumbu x dan nilai probabilitas pada sumbu y.

sumber: