Apa yang dimaksud dengan Probability And Impact Matrix?

manajemen risiko

Pada teknik identifikasi dari risiko, muncul istilah probability and impact matrix. Apakah yang dimaksud dari probability and impact matrix ?

Probability and Impact Matrix adalah sebuah alat untuk membantu tim proyek dalam melakukan prioritasi risiko. Matriks ini membantu mengidentifikasi risiko yang membutuhkan respon yang cepat. Matriks ini dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan proyek. Banyak perusahaan memiliki standar tersendiri untuk matriksnya dan project manager dapat mengubah template tersebut. Penggunaan matriks yang sesuai dengan standar akan membuat list dapat digunakan kembali pada proyek lainnya.

Probability and Impact Matrix menggunakan kombinasi skor antara probabilitas dan impact dari risiko dan mengurutkannya berdasarkan prioritas seberapa mudah risiko tersebut dapat ditangani. Sangat penting untuk memahami prioritas dari tiap risiko dimana membuat tim proyek lebih mengapresiasi urgensi dari tiap risiko.

Umumnya matriks ini berukuran 3x3 atau 5x5 seperti gambar dibawah ini

Bagaimana kita menggunakannya? Jika sebuah risiko tertentu memiliki probabilitas yang medium dan estimasi impact sangat besar maka risiko ini dinilai atau termasuk high-risk. Warna yang digunakan pada matriks diatas juga merepresentasikan indikasi tingkat parahnya risiko yang ada.

Sumber :