Apa yang Dimaksud dengan Privilege dalam Pelapisan Sosial?

image
Dalam pelapisan sosial menurut ilmu Sosiologi terdapat istilah privilege.

Apa yang dimasksud dengan privilege dalam pelapisan sosial?

Privilege berarti hak istimewa, hak yang jarang didapat orang lain. Jadi, privilege merupakan hak untuk mendapatkan perlakuan khusus akibat kedudukan dan kekuasaannya di masyarakat. Distribusi privilege membagi masyarakat ke dalam kelompok yang memiliki dan yang tidak memiliki. Kelompok strata atas memiliki kekebalan, pendapatan, dan hak-hak prerogatif, kebebasan, dan pilihan-pilihan yang kurang sesuai dengan strata bawah.

Privilege memiliki dua aspek utama, yakni ekonomi dan kultural. Beberapa privilege secara langsung dihubungkan dengan posisi ekonomi individual. Orang yang memiliki banyak uang dan mendapatkan kesejahteraan yang lebih besar dapat memperoleh banyak keuntungan, seperti pelayanan kesehatan yang baik dan dapat menghindari setiap kesulitan hidup.

Sedangkan, yang dimaksud dengan “privilege budaya” adalah dukungan nilai-nilai budaya dan kaidah-kaidah atau norma-norma yang menyebabkan didapatkannya keuntungan atau hak istimewa. Misalnya, di Islam laki-laki mendapatkan hak istimewa dalam pewarisan karena mendapatkan bagian dua kali lebih banyak dari perempuan.