Apa yang dimaksud dengan Prinsip Kennard?

image

Dokter Amerika Margaret A. Kennard (1899-1976) adalah perintis dalam studi eksperimental tentang “menyelamatkan” dan “memulihkan” fungsi organisme. Penelitiannya yang paling terkenal dilakukan pada monyet dan kera di Universitas Yale selama akhir 1930-an dan awal 1940-an.

Dalam penyelidikannya, dia menggambarkan efek perilaku kerusakan otak pada primata infantil, remaja, dan primata yang lebih tua, dan menarik perhatian pada pentingnya keadaan perkembangan pada saat penghinaan saraf. Kennard juga melakukan eksperimen yang menunjukkan bahwa primata dewasa pun dapat menunjukkan pemulihan fungsi yang signifikan, terutama jika lesi otak terjadi secara bertahap daripada sekaligus.

Prinsip Kennard menyatakan bahwa lebih mudah untuk pulih dari kerusakan otak jika individu tersebut masih muda pada saat kerusakan daripada jika kerusakan terjadi di kemudian hari; Selama bertahun-tahun, gagasan bertahan di bidang medis bahwa kerusakan otak yang setara pada anak dan orang dewasa akan menyebabkan lebih sedikit masalah pada anak dibandingkan pada orang dewasa.

Prinsip Kennard menunjukkan bahwa otak anak saat berevolusi / berkembang, menunjukkan “neuro-plastisitas”, yang memungkinkannya bekerja atau beradaptasi dengan kerusakan organik otak. Namun, banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa prinsip Kennard tidak akurat dan pada kenyataannya, hasil bagi anak-anak yang menderita cedera / penghinaan otak traumatis mungkin jauh lebih buruk daripada hasil untuk orang dewasa yang sama-sama terluka.

Lihat juga: LASHLEY’S THEORY; NEURON/NEURAL/NERVE THEORY

Sumber :
  • J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.*
Referensi :
  • Kennard, M. A. (1936). Age and other factors in motor recovery from precentral lesions in monkeys. American Journal of Physiology , 115 , 138-146.

  • Kennard, M. A. (1940). Relation of age to motor impairment in man and sub-human primates. Archives of Neurology and Psychiatry, 44 , 377-397.

  • Schneider, G. E. (1979). Is it really better to have your brain lesion early: A revision of the “Kennard principle.” Neuropsychology , 17 , 557-583.

  • Finger, S., & Wolf, C. (1988). The “Kennard effect” before Kennard: The early history of age and brain lesions. Archives of Neurology , 45 , 1136-1142.

  • Webb, C., Rose, F., Johnson, D., & Attree, E. (1996). Age and recovery from brain injury: Clinical opinions and experimental evidence. Brain Injury , 10 , 303-310.