© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Primatologi?

Primatologi

Primatologi adalah ilmu tentang primata bukan manusia (non-human primates). Primatologi mengkaji perilaku, morfologi, dan genetik primata yang berpusat pada homologi dan analogi dalam mengambil kesimpulan kenapa dan bagaimana ciri-ciri manusia berkembang dalam primata.

  • Primatologi dalam Perspektif

Dalam kamus Antropologi, Primatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola-pola makhluk primat (Depdikbud, 1984).

Primatologi juga berarti studi tentang IPTEK primata dalam artian pengembangan unsur biologi, konservasi satwa primata serta unsur biomedis primat-manusia (IPB, 2011).

Perkembangan studi primatologi di Indonesia memang masih diangggap sebelah mata, apalagi jika bidang ilmu ini dikaitkan dengan proyek pembangunan pemerintah tentunya studi ini ada menempati nomor kesekian dalam skala prioritasnya. Studi primatologi tentunya memiliki kekhasan serta keunggulan tersendiri sebagai sebuah bidang keilmuan, tentunya akan sangat berharga jika secara cukup serius menimbang kontribusi studi ini bagi refleksi dari mana kita berasal serta kemana arah yang akan kita tuju sebagai bagian dari perkembangan primata hingga menjadi manusia.

Hal ini akan memberikan landasan filosofi yang kuat serta paling tidak mendekati jawaban dari pertanyaan yang menghantui umat manusia sepanjang hidupnya, yakni siapa kita ?.