Apa yang dimaksud dengan Presentasi?

Presentasi

Presentasi, menurut KBBI, merupakan pengucapan pidato (pada penerimaan suatu jabatan); penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara, film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang;

Presentasi adalah proses menyampaikan informasi kepada pendengar. Persentasi secara harfiyah artinya penyajian, perkenalan, pertunjukan, dan pemberian. Selain itu juga persentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang, untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Tujuan Presentasi


Tujuan dari dilakukannya presentasi adalah sebagai berikut :

  • Menyampaikan Informasi. Banyak orang yang melakukan presentasi hanya bertujuan menyampaikan informasi saja. Informasi/pesan yang disampaikan bisa bersifat biasa, penting atau bahkan rahasia. Melalui informasi maka diharapkan tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai. Oleh karena itu seorang baik secara individu maupun mewakili kelompoknya harus memiliki keahlian sesuai dengan tujuan presentasi. Dalam proses pembelajaran, informasi dari seorang presentasi sangat penting bagi warga kelas.

  • Meyakinkan pendengar. Presentasi yang dilakukan berisikan informasi- informasi, data-data dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga informasi yang disampaikan dapat membuat seseorang atau kelompok orang merasa yakin. Semula yang asalnya memiliki unsur ketidakjelasan dan ketidakpastian sehingga ketika diadakan presentasi oleh pembicara, seseorang/kelompok orang tersebut menjadi yakin atas informasi yang diberikan.

  • Menghibur pendengar. Pada era globalisasi ini banyak acara-acara hiburan pada penayangan televisi. Acara hiburan tersebut dipimpin oleh presenter yang handal, tujuannya untuk menghibur para penonton. Prensenter dituntut untuk melakukan pembicaraan yang sifatnya menghibur tetapi relevan dan profesional sehingga para penonton televisi dapat menikmati acara tersebut. Selain acara televisi, acara hiburan yang lainnya dapat kita temukan pada pesta perayaan-perayaan.

  • Memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan. Demi tercapainya suatu tujuan, seseorang dituntut untuk mengarahkan dan membimbing para audience agar dapat melakukan seperti yang diharapkan oleh presenter. Kegiatan memotivasi tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan presentasi pada suatu forum.