Apa yang dimaksud dengan postur strategis?

Strategi

Didalam bidang manajemen strategis terdapat istilah postur strategis atau strategic posture. Apa yang dimaksud dengan postur strategis ?

Postur strategis atau strategic posture merupakan pendekatan yang diambil oleh para pemimpin perusahaan dalam rangka menerapkan kekuatan bisnis pada kebutuhan pasar saat ini dan jangka panjang.

Merumuskan postur strategis adalah bagian dari proses perencanaan strategis yang lebih luas, ketika manajer berkolaborasi untuk mengembangkan visi, tujuan dan strategi untuk bisnis di masa yang akan datang. Dengan mengenali sifat postur strategis, pemimpin perusahaan dapat memimpin perusahaan secara lebih efektif.

postur strategis

Perusahaan umumnya memilih salah satu dari tiga postur strategis umum, yaitu ; membentuk masa depan, beradaptasi dengan masa depan atau mencadangkan hak untuk bermain.

  • Perusahaan yang membentuk masa depan (shape the future) adalah inovator atau perintis; mereka mendorong industri maju dalam sifat operasi atau penawaran produk.

  • Beradaptasi dengan masa depan (adapt to the future) memiliki kemampuan untuk merespon dengan cepat terhadap perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan. Perusahaan kecil sering memiliki keunggulan di sini karena kemampuan mereka untuk dengan cepat mengkomunikasikan perubahan kebijakan atau prosedur didalam perusahaan.

  • Pendekatan yang dicadangkan (reserve the right to play) pada dasarnya mempunyai arti bahwa perusahaan akan menunggu dan melihat apa yang terjadi di pasar sebelum mengambil tindakan.