Apa yang dimaksud dengan portofolio roadmap ?

Portofolio roadmap

Portofolio roadmap (Peta jalan portofolio) merupakan sebuah dokumen yang memberikan visualisasi yang menghubungkan semua hubungan yang kompleks yang ada di berbagai produk.

Apa yang dimaksud dengan portofolio roadmap ?

Produk portofolio roadmap digunakan untuk menetapkan strategi dan timeline semua perkembangan produk di seluruh grup atau serangkaian produk didalam suatu organisasi.

Hal ini memungkinkan satu roadmap untuk menguraikan rencana di berbagai produk sehingga para pemangku kepentingan dapat memahami arah dan strategi di seluruh perusahaan, dan bagaimana mereka terkait satu sama lain.

Portofolio roadmap memberikan visualisasi yang menghubungkan semua hubungan rumit yang ada di berbagai produk. Hal ini memungkinkan eksekutif dan manajer produk untuk memastikan dan memahami bagaimana setiap produk saling terkait dengan strategi bisnis keseluruhan dan inisiatif utama. Dengan memiliki visibilitas yang jelas memungkinkan untuk lebih memahami keputusan yang dikejar di seluruh rangkaian produk dan solusi yang luas.

Manfaat portofolio roadmap :

Manfaat utama untuk membuat portofolio roadmap adalah kemampuan untuk menghubungkan strategi di seluruh produk hingga ke lini produk, divisi, dan akhirnya perusahaan. Hubungan antara tujuan, inisiatif lini produk dan produk ini akan memastikan bahwa strategi yang ditetapkan pada tingkat lini produk konsisten dengan strategi yang ditetapkan untuk setiap produk.

Dengan memanfaatkan pendekatan top-down, memungkinkan untuk memastikan bahwa inisiatif strategis untuk lini produk akan dicapai oleh inisiatif yang ditetapkan untuk setiap produk. Sebaliknya, pendekatan bottoms-up yang berfokus pada produk dalam isolasi sering membuat peluang produk baru lebih sulit untuk diidentifikasi. Ini karena masing-masing tim memfokuskan penawaran mereka sendiri dan kenaikan bertahap.

Pada akhirnya, bekerja melalui proses portofolio roadmap dapat menawarkan kejelasan dan obyektivitas yang sangat dibutuhkan organisasi pada tingkat makro. Misalnya, mungkin prakarsa di tingkat produk adalah ekspansi internasional. Area fokus untuk satu produk di lini produk kemungkinan akan diperluas ke Denmark. Dengan menyinkronkan strategi dari produk ke lini produk, inisiatif ekspansi Denmark dapat menggulir ke inisiatif lini produk ekspansi internasional.

Portofolio roadmap juga dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan peluang produk baru. Perusahaan yang bekerja dengan sasaran strategis tingkat portofolio dapat meninjau portofolio mereka pada saat ini dan secara objektif dapat melihat di mana bagian dari produk yang belum ada di pasar untuk mencapai tujuan tertentu.

Sumber : https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-portfolio-roadmap