Apa yang dimaksud dengan Platinum (Pt)?

Platinum atau Pt adalah logam transisi dengan nomor atom 78. Ia berada dalam kelompok tabel periodik yang sama dengan nikel dan paladium. Oleh karena itu, ia memiliki konfigurasi elektron yang mirip dengan nikel dengan orbital luar yang memiliki susunan s2 d8. Juga, logam ini paling sering membentuk keadaan oksidasi +2 dan +4. Namun, ia juga dapat membentuk kondisi oksidasi +1 dan +3.


Gambar 1 Platinum

Apalagi platinum berwarna putih keperakan dan memiliki kepadatan yang lebih tinggi. Massa atomnya sekitar 195 g mol-1. Itu tidak mengoksidasi atau bereaksi dengan HCl atau asam nitrat. Selain itu, sangat tahan terhadap korosi. Selain itu, dapat menahan suhu yang sangat tinggi tanpa meleleh. (Titik leburnya adalah 1768,3 ° C).

Selain itu, platinum bersifat paramagnetik. Perhiasan platinum berharga sangat mahal. Selain itu, kita dapat menggunakan logam ini sebagai elektroda dalam sensor elektrokimia, dan sel. Ini adalah katalis yang baik untuk digunakan dalam reaksi kimia. Afrika Selatan adalah produsen logam platinum nomor satu.

image
Gambar 2 Cincin Platinum

Referensi:
id.bccrwp.org
cincin-kawin.com