Apa yang dimaksud dengan Planet Ekstrasurya ?

planet

(dummy) #1

Planet

Di tata surya kita, setidaknya ada delapan planet utama yang mengorbit Matahari. Tapi, tata surya kita bukan satu-satunya sistem bintang di alam semesta. Ada sistem bintang lain pula, yang diorbiti oleh planet-planet ekstrasurya. Apa yang dimaksud dengan Planet Ekstrasurya ?


(Fikri Rizky Adinata) #3

Planet ekstrasurya adalah sebutan bagi planet yang mengorbit bintang selain Matahari kita. Planet ekstrasurya pertama yang ditemukan mengorbit bintang mirip Matahari diumumkan keberadaannya pada 6 Oktober 1995. Sejak saat itu, para astronom telah menemukan lebih dari 3.700 planet ekstrasurya lainnya!

Planet ekstrasurya termudah untuk dideteksi adalah planet besar (sebesar Jupiter) yang berada dekat dengan bintang induknya. Planet jenis ini dikenal sebagai “Jupiters panas”, jenis planet ekstrasurya yang paling mendominasi daftar katalog planet ekstrasurya sejauh ini.

Walau begitu, bukan berarti jenis planet lain selain “Jupiter panas” tidak pernah ditemukan. Seiring majunya teknologi pengamatan langit, kita sudah berhasil menemukan semakin banyak planet seukuran mirip Neptunus dan bahkan yang berukuran mirip Bumi.

Sumber : http://www.infoastronomy.org/2018/04/apa-itu-planet-ekstrasurya.html#ixzz5CLTzq8kq