Apa yang dimaksud dengan Piutang Dagang atau accounts receivable?

Piutang dagang atau accounts receivable tagihan perusahaan karena adanya penjualan barang dagangan secara Kredit, biasanya penjualan menentukan syarat kredit/syarat pembayaran (Terms of Credit/ Terms of Paymen)

Apa yang dimaksud dengan Piutang Dagang atau accounts receivable ?

Piutang dagang atau accounts receivable adalah tagihan kepada pelanggan yang sifatnya terbuka, dalam arti bahwa tagihan ini tidak disertai instrument kredit. Piutang dagang berasal dari penjualan barang dagangan dan jasa secara kredit dalam operasi usaha normal (Slamet sugiri, 2009).

Piutang dagang umumnya berjangka waktu kurang dari satu tahun. Oleh karena itu, piutang dagang dalam laporan posisi keuangan dimasukkan dalam bagian aset lancar. Terkadang ada termin penjualan yang ditetapkan perusahaan untuk perusahaan yang membeli dalam jumlah besar. Misal termin 2/10, n/30 (mendapatkan potongan tunai sebesar 2% jika konsumen membayar paling lama 10 hari sejak tanggal transaksi, dan jatuh tempo pembayaran paling lama 30 hari sejak transaksi penjualan terjadi).

Piutang dagang terjadi karena adanya transaksi penjualan secara kredit kepada pihak lain atau perusahaan lain. Hal-hal yang berkaitan dengan piutang dagang adalah :

  1. Pengakuan piutang dagang
  2. Penilaian piutang dagang
  3. Pengalihan piutang dagang