Apa yang dimaksud dengan Ping dan Traceroute ?

jaringan_komputer

(Vina Shaw) #1

Ping

Ping digunakan untuk melakukan diagnostik dalam rangka memastikan bahwa komputer host yang coba dijangkau pengguna benar-benar beroperasi.

Apa yang dimaksud dengan Ping dan Traceroute ?


(yogie tegar pribadi) #2

Mike muss adalah penemu dari software ping,sebagai untuk mencari solusi atau menyelesaikan sumber masalah dalam jaringan. Nama ping ini terpikirkan olehnya dari suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang bilamana sang operator mengirimkan pulsa-pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu.

Ping


**Ping** adalah software utility jaringan komputer yang digunakan untuk menguji reakabilitas dari host pada IP (Internet Protocol). Ini digunakan untuk mengukur waktu yang dikirim dari host ke komputer tujuan atau komputer pusat. Ping beroperasi dengan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP).

Traceroute


**_Traceroute_** digunakan untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan atau alat diagnosa rute. Proses ini dilakukan dengan mengirim pesan _Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request_ ke tujuan dengan nilai Time to Live atau yang biasa disebut dengan TTL yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Perintah traceroute tersedia pada banyak sistem operasi. Apple MacOS, tersedia dengan membuka menu Jaringan Utilitas dan memilih Traceroute, seperti FreeBSD atau Linux, tersedia sebagai traceroutePada Microsoft Windows, itu bernama tracert sistem operasi berbasis Windows NT juga menyediakan PathPing, dengan fungsi sama.

Referensi

http://www.webcitation.org/5saCKBpgH
https://en.wikipedia.org/wiki/Ping_(networking_utility)
https://en.wikipedia.org/wiki/Network_utility
https://en.wikipedia.org/wiki/Keepalive