Apa yang dimaksud dengan Pigmen Warna pada Tumbuhan?

klorofil

Secara umum kita mengenal bahwa daun itu berwarna hijau. Namun, ada beberapa tumbuhan yang memiliki warna daun yang tidak hijau, atau bercampur dengan hijau, seperti sirih merah. Bagaimana pigmen ini terbentuk?

1 Like

Tiga Pigmen Dasar dan Fungsinya pada Tumbuhan

1. Klorofil
image
Pigmen ini berwarna kehijauan dan pada struktur kimianya mengandung cincin Porfirin. Struktur yang seperti itu mirip dengan struktur haemoglobin pada sel darah merah manusia, namun jika pada haemoglobin terdapat unsur besi pada area tengah cincin Porfirin, maka pada klorofil terdapat unsur magnesium.

Klorofil merupakan pigmen utama bagi tumbuhan sehingga proses fotosintesis bisa terjadi. Pigmen klorofil diproduksi di dalam kloroplas pada jaringan fotosintesis yang letaknya di daun. Klorofil dapat menyalurkan energi yang berasal dari sinar matahari untuk dimanfaatkan oleh tumbuhan. Energi yang diserap oleh klorofil adalah energi dengan panjang gelombang biru dan merah, sementara energi dengan panjang gelombang hijau tidak bisa diserap dengan baik oleh klorofil.

Tumbuhan memanfaatkan energi yang ditangkap oleh klorofil melalui proses fotosintesis. Klorofil sendiri terdiri dari berbagai macam tipe, ada kolorofil a, b, c. Tipe klorofil utama yang memegang peranan penting dalam proses fotosintesis adalah klorofil a. Pada umumnya, tumbuhan mengandung klorofil a dan klorofil b.

2. Karotenoid
image
Pigmen karotenoid biasanya berwarna merah, orange atau kuning. Pigmen yang termasuk dalam jenis karotenoid adalah karoten, yaitu zat warna yang memberikan warna pada wortel. Karotenoid termasuk pigmen yang tidak larut air, oleh karenanya pigmen ini terdapat pada membran di dalam sel, yaitu pada membran kloroplas.

Pigmen karotenoid tidak seperti klorofil, karotenoid tidak bisa mentransfer energi matahari yang diserapnya secara langsung ke proses fotosintesis, namun harus melewatkannya (energi yang diabsorbsi itu) terlebih dahulu ke klorofil. Karena alasan itulah makanya karotenoid disebut sebagai pigmen eksesoris (Accessory Pigment).

Energi yang diserap oleh karotenoid itu adalah energi yang tidak bisa diserap oleh klorofil, sehingga dengan adanya aksesoris pigmen, seperti karotenoid, maka proses fotosintesis berjalan lebih baik karena mendapat lebih banyak pasokan energi.

Selain membantu menyuplai energi ke klorofil untuk proses fotosintesis, karotenoid juga memiliki peranan sebagai fotoprotektor, yaitu melindungi tumbuhan dari energi matahari yang terlalu besar, missal pada cuaca yang sangat panas. Dalam hal itu, karotenoid akan mengubah dan melepas kelebihan energi itu menjadi panas. Selain karoten, contoh pigmen yang termasuk karotenoid adalah fucoxanthin, zeaxanthin, dan lain-lain.

3. Antosianin
image
Berbeda dengan klorofil dan karotenoid, antosianin merupakan pigmen yang larut dalam air. Pigmen ini diproduksi di dalam sitoplasma dan disimpan di dalam vakuola. Pigmen ini berwarna merah-pink dan biasanya kita lihat pada daun bunga, buah-buahan berwarna merah (seperti apel), dan daun-daun yang dijumpai pada musim gugur.

Antosianin menyerap energi pada panjang gelombang biru-hijau. Oleh karena itu, bagi mata yang memandangnya antosianin akan memiliki warna merah atau kemerahan. Sama halnya dengan karotenoid, antosianin juga merupakan pigmen aksesoris.

4. Pigmen Lainnya
Sebenarnya masih ada satu golongan pigmen lagi yang belum disebutkan di atas, namun pigmen tersebut tidak terkandung pada tumbuhan tingkat tinggi, melainkan pada alga, yaitu pada sianobakteria dan rhodophyta. Golongan pigmen tersebut adalah fikobilin. Pigmen fikobilin merupakan pigmen aksesoris yang larut dalam air, oleh karenanya terdapat dalam sitoplasma. Selain di sitoplasma, fikobilin juga terdapat pada stroma yang terletak di kloroplas. Pigmen fikobilin ada yang berwarna kebiruan (fikosianin) dan juga merah (fikoeritrin).

Sumber : informasitips.com - Diese Website steht zum Verkauf! - Informationen zum Thema informasitips.

2 posts were merged into an existing topic: Apa yang dimaksud dengan klorofil atau zat hijau?