Apa yang dimaksud dengan Peta Jalan Produk atau Product Roadmap ?

Peta Jalan Produk atau Product Roadmap adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah perkembangana produk Anda dari waktu ke waktu. Peta jalan produk berfungsi untuk mengkomunikasikan mengapa dan apa di balik perencanaan perkembangan produk.

Apa yang dimaksud dengan Peta Jalan Produk atau Product Roadmap ?

Product roadmap adalah sebuah perencanaan yang menggambarkan bagaimana suatu produk akan berkembang nantinya. Product roadmap digunakan untuk menyelaraskan para pemangku kepentingan dan untuk merencanakan anggaran dalam rangka pengembangan produk.

Dalam membuat roadmap, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa roadmap yang dibuat selaras dengan arahan strategis produk yang dibuat dan harus dikaitkan dengan strategi perusahaan.

Tujuan dari roadmap :

  • Menjelaskan visi dan strategi produk
  • Menyediakan dokumen panduan untuk menjalankan strategi
  • Membantu komunikasi kepada seluruh stakehoder, termasuk pelanggan

Dilihat dari sisi stakeholder, fungsi dari produk roadmap adalah sebagai berikut :

  • Manajer Produk : Alat komunikasi dengan seluruh stakeholder dalam perencanaan produk kedepannya.

  • Tim Desain : Alat untuk memahami arah tujuan dan fokus kepada kepuasan pengguna.

  • Tim Pengembang : Alat untuk membantu meng-alokasi-kan sumber daya yang ada dan mempercepat pengembangan produk di masa yang akan datang.

  • Tim Penjualan dan Pemasaran : Alat yang digunakan untuk memikat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

  • Pengguna : Alat untuk memahami nilai-nilai produk dan harapan penggunam terkait pengembangan produk di masa datang.

  • Eksekutif dan Pemilik Perusahaan : Alat untuk menilai apakah perkembangan produk sesuai dengan yang direncanakan dalam memenuhi tujuan bisnis.

  • Rekanan : Alat untuk meningkatkan hubungan di masa yang akan datang dengan saling bersinergi.

Langkah-langkah dalam membuat produk roadmap, adalah :

  1. Tentukan secara jelas Masalah dan Solusi-nya
    Masalah : Wisatawan ingin mendapatkan informasi makanan yang enak selama melakukan perjalanan.
    Solusi : Sebuah fitur rekomendasi restoran dan dapat melakukan pemesanan tempat. Dimana fitur pemesanan tempat mengikuti fitur pemesanan tempat yang digunakan pada fasilitas hotel.

  2. Mengembangkan Persona, dimana persona disini berfungsi agar kita lebih memahami kebutuhan pengguna

  3. Masukan dari pengguna dan calon pengguna, bagaimana mereka melakukan sesuatu, apa masalah mereka, apa kebutuhan mereka dan apa yang membuat mereka frustasi atau tidak suka.

  4. Menentukan Visi Produk, Kapan, Apa, Bagaimana, Siapa, Dimana dan Mengapa produk itu dibuat.

1 Like