Apa yang dimaksud dengan Pertahanan Distal?

distal deffence

Pertahanan distal atau distal deffence adalah strategi yang digunakan seseorang untuk bertahan dari ancaman psikologis yang tampaknya tidak terkait secara logis atau semantik dengan ancaman tersebut. Konsep pertahanan distal adalah bagian dari model pertahanan ganda yang dikembangkan untuk menjelaskan temuan-temuan dari penelitian yang dirancang untuk menilai teori manajemen teror.

Teori tersebut menyatakan bahwa karena manusia sadar akan kematian mereka sendiri, mereka memiliki ketakutan bawah sadar yang mendalam akan kematian, yang dikendalikan oleh pertahanan psikologis yang berkelanjutan. Pertahanan ini berfungsi untuk mempertahankan keyakinan bahwa individu adalah kontributor signifikan yang abadi untuk alam semesta yang bermakna. Keyakinan ini memungkinkan orang untuk menyangkal bahwa mereka hanyalah makhluk material yang ditakdirkan untuk dilenyapkan setelah kematian dan dengan demikian meminimalkan potensi kecemasan terkait kematian.

Hipotesis utama yang diturunkan dari teori ini adalah bahwa mengingatkan orang akan kematian mereka sendiri (dikenal sebagai induksi arti-penting kematian) akan menuntun mereka untuk memperkuat keyakinan pada pandangan dunia yang dengannya mereka memandang hidup sebagai bermakna dan keyakinan pada harga diri mereka dalam konteks pandangan dunia itu.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)