Apa yang dimaksud dengan Perspektif Perilaku (Behavioral Perspective)?

Perspektif perilaku merupakan perilaku sosial yang ditunjukkan dengan cara menunjukkan sikap langsung (dapat diamati dengan mata), baik sikap baik atau buruk, yang terjadi karena adanya efek lingkungan sekitar yang akhirnya menyebabkan perilaku kita berubah.

Pada perspektif perilaku, proses mental dan juga perilaku yang teramati oleh mata, berperan dalam menjelaskan perilaku sosial. Langkah-langkah dari itu semua adalah memasukan perilaku ke dalam satu unit yang dinamakan “tanggapan” (responses), dan lingkungan ke dalam unit “rangsangan” (stimuli).

Apa yang dimaksud dengan Perspektif Perilaku (Behavioral Perspective)?

Pendekatan Perspektif Perilaku (Behavioral Perspective) awalnya diperkenalkan oleh John B. Watson (1941, 1919). Pendekatan ini cukup banyak mendapat perhatian dalam psikologi antara tahun 1920-an s/d 1960-an. Ketika Watson memulai penelitiannya, dia menyarankan agar pendekatannya ini tidak sekedar satu alternatif bagi pendekatan instinktif dalam memahami perilaku sosial, tetapi juga merupakan alternatif lain yang memfokuskan pada pikiran, kesadaran, atau pun imajinasi.

Watson menolak informasi instinktif semacam itu, yang menurutnya bersifat ”mistik”, ”mentalistik”, dan ”subyektif”.

Dalam psikologi obyektif maka fokusnya harus pada sesuatu yang ”dapat diamati” (observable), yaitu pada ”apa yang dikatakan (sayings) dan apa yang dilakukan (doings)”.

Dalam hal ini pandangan Watson berbeda dengan James dan Dewey, karena keduanya percaya bahwa proses mental dan juga perilaku yang teramati berperan dalam menyelaskan perilaku sosial.

Para ”behaviorist” memasukan perilaku ke dalam satu unit yang dinamakan ”tanggapan” (responses), dan lingkungan ke dalam unit ”rangsangan” (stim- uli). Menurut penganut paham perilaku, satu rangsangan dan tanggapan tertentu bisa berasosiasi satu sama lainnya, dan menghasilkan satu bentuk hubungan fungsional.

Contohnya, sebuah rangsangan ” seorang teman datang ”, lalu memunculkan tanggapan misalnya, ”tersenyum”. Jadi seseorang tersenyum, karena ada teman yang datang kepadanya. Para behavioris tadi percaya bahwa rangsangan dan tanggapan dapat dihubungkan tanpa mengacu pada pertimbangan mental yang ada dalam diri seseorang. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika para behaviorisme tersebut dikategorikan sebagai pihak yang menggunakan pendekatan ”kotak hitam (black-box)” .

Rangsangan masuk ke sebuah kotak (box) dan menghasilkan tanggapan. Mekanisme di dalam kotak hitam tadi - srtuktur internal atau proses mental yang mengolah rangsangan dan tanggapan - karena tidak dapat dilihat secara langsung (not directly observable), bukanlah bidang kajian para behavioris tradisional.

Kemudian, B.F. Skinner (1953,1957,1974) membantu mengubah fokus behav- iorisme melalui percobaan yang dinamakan ”operant behavior” dan ”reinforcement”.

  • Operant condition adalah setiap perilaku yang beroperasi dalam suatu lingkungan dengan cara tertentu, lalu memunculkan aki- bat atau perubahan dalam lingkungan tersebut. Misalnya, jika kita tersenyum kepada orang lain yang kita hadapi, lalu secara umum, akan menghasilkan senyu- man yang datangnya dari orang lain tersebut. Dalam kasus ini, tersenyum kepada orang lain tersebut merupakan ”operant behavior”.

  • Reinforcement adalah proses di mana akibat atau perubahan yang terjadi dalam lingkungan memperkuat perilaku tertentu di masa datang . Misalnya, jika kapan saja kita selalu tersenyum kepada orang asing (yang belum kita kenal sebelumnya), dan mereka tersenyum kembali kepada kita, maka muncul kemungkinan bahwa jika di kemudian hari kita bertemu orang asing maka kita akan tersenyum.

    Perlu diketahui, reinforcement atau penguat, bisa bersifat positif dan negatif. Contoh di atas merupakan penguat positif. Contoh penguat negatif, misalnya beberapa kali pada saat kita bertemu dengan orang asing lalu kita tersenyum dan orang asing tersebut diam saja atau bahkan menunjukan rasa tidak suka, maka dikemudian hari jika kita bertemu orang asing kembali, kita cenderung tidak tersenyum (diam saja).

Dalam pendekatan perilaku terdapat teori-teori yang mencoba menjelaskan secara lebih mendalam mengapa fenomena sosial yang diutarakan dalam pendekatan perilaku bisa terjadi. Beberapa teori antara lain adalah Teori Pembelajaran Sosial (Social Learning Theory) dan Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory).

Teori Pembelajaran Sosial

Di tahun 1941, dua orang psikolog - Neil Miller dan John Dollard - dalam laporan hasil percobaannya mengatakan bahwa peniruan (imitation) di antara manusia tidak disebabkan oleh unsur instink atau program biologis. Penelitian kedua orang tersebut mengindikasikan bahwa kita belajar (learn) meniru perilaku orang lain.

Artinya peniruan tersebut merupakan hasil dari satu proses belajar, bukan bisa begitu saja karena instink. Proses belajar tersebut oleh Miller dan Dollard dinamakan ”social learning ” - ”pembelajaran sosial”.

Perilaku peniruan (imitative behavior) kita terjadi karena kita merasa telah memperoleh imbalan ketika kita meniru perilaku orang lain, dan memperoleh hukuman ketika kita tidak menirunya. Agar seseorang bisa belajar mengikuti aturan baku yang telah ditetapkan oleh masyarakat maka ”para individu harus dilatih, dalam berbagai situasi, sehingga mereka merasa nyaman ketika melakukan apa yang orang lain lakukan, dan merasa tidak nyaman ketika tidak melakukannya.”, demikian saran yang dikemukakan oleh Miller dan Dollard.

Dalam penelitiannya, Miller dan Dollard menunjukan bahwa anak-anak da- pat belajar meniru atau tidak meniru seseorang dalam upaya memperoleh imbalan berupa permen. Dalam percobaannya tersebut, juga dapat diketahui bahwa anak-anak dapat membedakan orang-orang yang akan ditirunya. Mis- alnya jika orang tersebut laki-laki maka akan ditirunya, jika perempuan tidak. Lebih jauh lagi, sekali perilaku peniruan terpelajari (learned), hasil belajar ini kadang berlaku umum untuk rangsangan yang sama.

Misalnya, anak-anak cenderung lebih suka meniru orang-orang yang mirip dengan orang yang sebelumnya memberikan imbalan. Jadi, kita mempelajari banyak perilaku ”baru” melalui pengulangan perilaku orang lain yang kita lihat. Kita contoh perilaku orang-orang lain tertentu, karena kita mendapatkan imbalan atas peniruan tersebut dari orang-orang lain tertentu tadi dan juga dari mereka yang mirip dengan orang-orang lain tertentu tadi, di masa lampau.

Dua puluh tahun berikutnya, Albert Bandura dan Richard Walters (1959, 1963), mengusulkan satu perbaikan atas gagasan Miller dan Dollard ten- tang belajar melalui peniruan. Bandura dan Walters menyarankan bahwa kita belajar banyak perilaku melalui peniruan, bahkan tanpa adanya penguat (reinforcement) sekalipun yang kita terima.

Kita bisa meniru beberapa perilaku hanya melalui pengamatan terhadap perilaku model, dan akibat yang ditimbulkannya atas model tersebut. Proses belajar semacam ini disebut ”observational learning” - pembelajaran melalui pengamatan. Contohnya, percobaan Bandura dan Walters mengindikasikan bahwa ternyata anak-anak bisa mempunyai perilaku agresif hanya dengan mengamati perilaku agresif sesosok model, misalnya melalui film atau bahkan film karton.

Bandura (1971), kemudian menyarankan agar teori pembelajaran sosial seyogianya diperbaiki lebih jauh lagi. Dia mengatakan bahwa teori pembelajaran sosial yang benar-benar melulu menggunakan pendekatan perilaku dan lalu mengabaikan pertimbangan proses mental, perlu dipikirkan ulang.

Menurut versi Bandura, maka teori pembelajaran sosial membahas tentang :

  1. bagaimana perilaku kita dipengaruhi oleh lingkungan melalui penguat (reinforcement) dan observational learning,

  2. cara pandang dan cara pikir yang kita miliki terhadap informasi,

  3. begitu pula sebaliknya, bagaimana perilaku kita mempengaruhi lingkungan kita dan menciptakan penguat (reinforcement) dan observational opportunity - kemungkinan bisa diamati oleh orang lain.

Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory)

Tokoh-tokoh yang mengembangkan teori pertukaran sosial antara lain adalah psikolog John Thibaut dan Harlod Kelley (1959), sosiolog George Homans (1961), Richard Emerson (1962), dan Peter Blau (1964).

Berdasarkan teori ini, kita masuk ke dalam hubungan pertukaran dengan orang lain karena dari padanya kita memperoleh imbalan. Dengan kata lain hubungan pertu- karan dengan orang lain akan menghasilkan suatu imbalan bagi kita. Seperti halnya teori pembelajaran sosial, teori pertukaran sosial pun melihat antara perilaku dengan lingkungan terdapat hubungan yang saling mempengaruhi (reciprocal).

Karena lingkungan kita umumnya terdiri atas orang-orang lain, maka kita dan orang-orang lain tersebut dipandang mempunyai perilaku yang saling mempengaruhi Dalam hubungan tersebut terdapat unsur imbalan (reward), pengorbanan (cost) dan keuntungan (profit). Imbalan merupakan segala hal yang diperloleh melalui adanya pengorbanan, pengorbanan merupakan semua hal yang dihindarkan, dan keuntungan adalah imbalan dikurangi oleh pengorbanan. Jadi perilaku sosial terdiri atas pertukaran paling sedikit antar dua orang berdasarkan perhitungan untung-rugi. Misalnya, pola-pola perilaku di tempat kerja, percintaan, perkawinan, persahabatan hanya akan langgeng manakala kalau semua pihak yang terlibat merasa teruntungkan.

Jadi perilaku seseorang dimunculkan karena berdasarkan perhitungannya, akan menguntungkan bagi dirinya, demikian pula sebaliknya jika merugikan maka perilaku tersebut tidak ditampilkan.
Berdasarkan keyakinan tersebut Homans dalam bukunya ”Elementary Forms of Social Behavior, 1974 mengeluarkan beberapa proposisi dan salah satunya berbunyi :slight_smile:

”Semua tindakan yang dilakukan oleh seseorang, makin sering satu bentuk tindakan tertentu memperoleh imbalan, makin cenderung orang tersebut menampilkan tindakan tertentu tadi ”.

Proposisi ini secara eksplisit menjelaskan bahwa satu tindakan tertentu akan berulang dilakukan jika ada imbalannya. Proposisi lain yang juga memperkuat proposisi tersebut berbunyi :

”Makin tinggi nilai hasil suatu perbuatan bagi seseorang, makin besar pula kemungkinan perbuatan tersebut diulanginya kembali”.

Bagi Homans, prinsip dasar pertukaran sosial adalah ”distributive justice” aturan yang mengatakan bahwa sebuah imbalan harus sebanding dengan investasi. Proposisi yang terkenal sehubungan dengan prinsip tersebut berbunyi

” seseorang dalam hubungan pertukaran dengan orang lain akan mengharapkan imbalan yang diterima oleh setiap pihak sebanding dengan pengorbanan yang telah dikeluarkannya makin tinggi pengorbanan, makin tinggi imbalannya dan keuntungan yang diterima oleh setiap pihak harus sebanding dengan investasinya makin tinggi investasi, makin tinggi keuntungan”.

Inti dari teori pembelajaran sosial dan pertukaran sosial adalah perilaku sosial seseorang hanya bisa dijelaskan oleh sesuatu yang bisa diamati, bukan oleh proses mentalistik (black-box). Semua teori yang dipengaruhi oleh perspektif ini menekankan hubungan langsung antara perilaku yang teramati dengan lingkungan.

Sumber :
Hasan Mustafa, Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan

Dalarn sosiologi terdapat beberapa perspektif teori yang dapat digunakan untuk menganalisis perilaku seseorang, karena perilaku merupakan sebuah gejala yang dapat diamati. Penelitian tentang perilaku pemilih cukup relevan digunakan pendekatan behavior.

Behavioral

Ritzer (2007:356) mengatakan sosiologi perilaku berawal dari behavioral, dimana sosiologi perilaku memusatkan perhatian pada hubungan antara pengaruh perilaku seorang aktor terhadap lingkungan dan dampak lingkung,an terhadap perilaku aktor. Hubungan ini adalah dasar untuk pengkondisian operan (operant condisioning) atau proses belajar melaluinya perilaku diubah oleh konsekuensinya.

Dalam teori behavioral dikenal pemahaman reinforcement yang dapat diartikan sebagai reward (ganjaran). Perulangan atas suatu tindakan tidak dapat dirumuskan terlepas dari efeknya terhadap tindakan itu sendiri. Perulangan ini dirumuskan dalam pengertian terhadap aktor. Dimana suatu ganjaran yang tidak membawa pengaruh terhadap aktor, maka tindakannya tidak akan diulang.

Perspektif Pilihan Rasional

Selanjutnya Ritzer (2007:357) menjelaskan Prinsip dasar teori pilihan rasional berasal dari ekonomi klasik. Berdasarkan berbagai jenis yang berbeda, menghimpun apa yang mereka sebut sebagai model kerangka teori pilihan rasional. Teori pilihan rasional memusatkan perhatian pada aktor. Aktor dipandang sebagai rnanusia yang mempunyai maksud. Hal tersebut dimaksudkan aktor mempunyai tujuan dan tindakannya tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan itu.

Aktorpun dipandang mempunyai pilihan (atau nilai, keperluan). Teori pilihan rasional tidak rnenghiraukan apa yang menjadi pilihan atau apa yang menjadi sumber pilihan aktor. Hal terpenting adalah kenyataan bahwa tindakan dilakukan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan tingkatan pilihan aktor.

Kemudian Ritzer menerangkan meskipun teori pilihan rasional berawal dari tujuan atau maksud aktor, namun teori ini memperhatikan sekurang-kurangnya dua pemaksa utama tindakan.

  1. Pertama adalah keterbatasan sumber. Aktor mempunyai sumber yang berbeda-beda maupun akses yang berbeda terhadap sumberdaya yang lain. Bagi aktor yang mempunyai sumberdaya yang besar, pencapaian tujuan mungkin relatif mudah. Tetapi bagi aktor yang mempunyai sumberdaya sedikit, pencapaian tujuan akan sukar atau sulit. Aktor dipandang berupaya mencapai keuntungan maksimal dan tujuan mungkin meliputi gabungan antara peluang untuk mencapai tujuan utama dan apa yang telah dicapai pada peluang yang tersedia untuk mencapai tujuan kedua yang paling bernilai.

  2. Sumber pemaksa kedua atas tindakan aktor individual adalah lembaga sosial. Hambatan kelembagaan ini menyediakan baik sanksi positif maupun sanksi negatif yang membantu mendorong aktor untuk melakukan tindakan tertentu dan menghindarkan tindakan lain.

Selanjutnya, Friedman dan Hecthter dalam Ritzer (2007:358) mengemukakan dua gagasan lain yang menjadi dasar teori pilihan rasional.

  • Pertama, adalah kumpulan mekanisme atau proses yang menggabungkan tindakan aktor individual yang terpisah untuk menghasilkan akibat sosial.

  • Kedua, bertambahnya pengertian tentang pentingnya informasi dalam membuat pilihan rasional. Reward dalam bentuk pemberian dukungan (memilih seorang kandidat) sangat dipengaruhi oleh stimulus yang ada.

Perspektif ini diperkenalkan pertama kali oleh John B. Watson pada 1949. Menurut perspektif ini, obyek yang menjadi perhatian psikologi haruslah sesuatu yang dapat diamati ( observable ), yaitu apa yang dikatakan ( saying ) dan apa yang dilakukan ( doings ).

Dalam pandangan perspektif perilaku, tingkah laku merupakan respons ( tanggapan ) dan lingkungan adalah rangsangan ( stimulus ). Dengan demikian, tingkah laku merupakan respons terhadap rangsangan yang datang dari lingkungan.

Bagi pemahaman perspektif perilaku, rangsangan dan tanggapan dapat berasosiasi satu dengan lainnya. Sebagai contoh, ketika ada seorang teman yang datang menghampiri sebagai rangsangan, lalu memunculkan tanggapan tersenyum, maka dapat diasosiasikan bahwa seseorang tersenyum karena ada teman yang datang menghampirinya.

Para behavioris percaya bahwa rangsangan dan tanggapan dapat saling dihubungkan tanpa perlu adanya pertimbangan mental layaknya sebuah “black box” sehingga seringkali dinyatakan bahwa perspektif perilaku menggunakan pendekatan “black box” dalam menjelaskan tingkah laku manusia.

Dalam perkembangannya, B.F. Skinner (1953, 1957, 1974) memperkenalkan istilah operant behaviour dan reinforcement dalam perspektif perilaku. Operant behaviour merupakan tingkah laku yang beroperasi dalam suatu

lingkungan dengan cara tertentu lalu memunculkan akibat atau perubahan dalam lingkungan tersebut. Sebagai contoh, ketika kita tersenyum kepada orang lain yang menghampiri kita, lalu memunculkan balasan senyuman dari orang tersebut, maka tersenyum kepada orang lain yang menghampiri kita itu disebut sebagai operant behaviour. Adapun reinforcement merupakan proses akibat atau perubahan yang terjadi di dalam lingkungan yang memperkuat tingkah laku di masa depan.

Sebagai contoh, ketika kita tersenyum kepada orang asing lalu dia membalas dengan senyuman, maka besar kemungkinan di kemudian hari kita akan tersenyum ketika bertemu dengan orang asing. Balasan senyuman dari orang asing merupakan reinforcement positif. Sebaliknya, ketika kita tersenyum kepada orang asing lalu dia diam saja (tidak tersenyum), maka besar kemungkinan di kemudian hari kita akan diam (tidak tersenyum) ketika bertemu dengan orang asing. Diam atau tidak tersenyum merupakan reinforcement negatif.

Teori dalam Perspektif Perilaku


Teori Pembelajaran Sosial ( Social Learning Theory ) dan Teori Pertukaran Sosial ( Social Exchange Theory ) merupakan teori yang menjelaskan tingkah laku manusia dalam perspektif Perilaku . Teori Pembelajaran Sosial ( Social Learning Theory ) diperkenalkan pertama kali oleh Neil Miller dan John Dollard (1941) berdasarkan hasil penelitian mereka yang mengindikasikan bahwa manusia belajar ( learn ) meniru orang lain.

Tingkah laku meniru ( imitative behavior ) merupakan hasil dari suatu proses belajar di mana individu merasa memperoleh imbalan ketika meniru tingkah laku orang lain, dan memperoleh hukuman ketika tidak menirunya.

Albert Bandura dan Richard Walters (1959; 1963) memperbaiki gagasan Miller dan Dollard tersebut dan mengemukakan bahwa manusia belajar suatu tingkah laku melalui peniruan tanpa harus ada penguatan ( reinforcement ) yang diterima, melainkan melalui pengamatan terhadap tingkah laku model, dan akibat yang ditimbulkan atas model tersebut . Proses belajar ini disebut dengan observational learning . Sebagai contoh, banyak anak yang bertingkah laku agresif karena mengamati tingkah laku agresif dari sosok model yang ada di film atau kartun.

Teori Pertukaran Sosial ( Social Exchange Theory ) diperkenalkan John Thibaut dan Harold Kelley (1959). Berdasrkan teori ini, tingkah laku manusia merupakan hubungan pertukaran dengan orang lain atas dasar pertimbangan untung-rugi . Dalam hubungan tersebut terdapat unsur imbalan ( reward ), pengorbanan ( cost ) dan keuntungan ( profit ). Imbalan merupakan segala sesuatu yang diperoleh melalui pengorbanan, pengorbanan merupakan segala sesuatu yang dihindari, sementara keuntungan merupakan imbalan yang dikurangi oleh pengorbanan. Berdasarkan teori ini, tingkah laku manusia akan ditampilkan jika berdasarkan perhitungannya akan menguntungkan dirinya. Sebaliknya, suatu tingkah laku tidak akan ditampilkan manakala tingkah laku tersebut merugikan bagi dirinya.