Apa yang dimaksud dengan Personal Loan?


Adalah jaminan tanpa anggunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan costumer, dimana pembayarannya dapat diangsur perbulan dan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar costumer . Artinya pihak bank tidak meminta jaminan apapun kepada nasabah.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi Personal Loan

Personal loan atau pinjaman pribadi adalah sejumlah uang yang dapat dipinjam untuk digunakan pada berbagai tujuan. Misalnya untuk mengkonsolidasikan hutang, membayar renovasi rumah, atau merencanakan pernikahan impian. Pinjaman pribadi dapat ditawarkan oleh bank, credit unions, atau pemberi pinjaman online. Uang yang dipinjam harus dibayar kembali seiring waktu, biasanya dengan bunga. Beberapa pemberi pinjaman juga mungkin mengenakan biaya untuk pinjaman pribadi.

Pinjaman pribadi adalah jenis hutang angsuran yang memungkinkan peminjam memperoleh dana sekaligus. Pinjaman ini berbeda dari pinjaman angsuran lainnya seperti pinjaman pelajar, pinjaman mobil, dan pinjaman hipotek yang digunakan untuk mendanai pengeluaran tertentu yaitu pendidikan, pembelian kendaraan, dan pembelian rumah. Pinjaman pribadi juga berbeda dari jalur kredit pribadi karena memiliki batas kredit yang dapat digunakan untuk membelanjakan pengeluaran.

Personal loan biasanya menentukan tanggal akhir tetap saat pinjaman akan dilunasi. Pinjaman ini terbuka dan tersedia untuk siapapn tanpa batas selama akun peminjam tetap dalam reputasi yang baik dengan pemberi pinjaman.

Jenis Personal Loan

Personal loan dapat dijamin atau tanpa jaminan. Personal loan yang dijamin adalah pinjaman yang membutuhkan beberapa jenis agunan sebagai syarat untuk meminjam. Peminjam dapat memperoleh pinjaman dengan mengagunkan aset tunai seperti rekening tabungan atau sertifikat deposito atau dengan aset fisik seperti mobil atau rumah. Jika peminjam gagal membayar pinjaman, pemberi pinjaman dapat menyimpan agunan tersebut untuk memenuhi hutang.

Personal loan tanpa jaminan tidak memerlukan jaminan untuk meminjam uang. Bank, credit unions, dan pemberi pinjaman online dapat menawarkan pinjaman pribadi yang aman dan tanpa jaminan kepada peminjam yang memenuhi syarat. Karena pinjaman yang diberikan tersebut tanpa jaminan, biasa bunga yang ditetapkan atas pinjaman lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan.

Cara Memperoleh Personal Loan

Untuk mendapatkan pinjaman pribadi atau personal loan, peminjam perlu mendaftar ke pemberi pinjaman. Umumnya peminjam harus melengkapi aplikasi terlebih dahulu. Pemberi pinjaman selanjutnya mengkaji dan memutuskan apakah akan menyetujui atau menolaknya. Jika disetujui, peminjam akan diberi persyaratan pinjaman, yang dapat terima atau tolak. Jika peminjam menyetujuinya, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan dokumen pinjaman tersebut.

Setelah selesai, pemberi pinjaman akan mendanai pinjaman yang berarti membayar hasilnya kepada peminjam ini dapat dilakukan melalui setoran langsung ke rekening bank atau cek.

Saat mempertimbangkan untuk megambil personal loan, ada baiknya untuk memahami berapa biayanya. Tingkat persentase tahunan atau annual percentage rate (APR) pada pinjaman pribadi mewakili biaya tahunan untuk membayar pinjaman berdasarkan suku bunga dan biaya. APR dan jangka waktu pinjaman dapat menentukan berapa banyak peminjam akan membayar total bunga selama masa pinjaman.