Apa yang dimaksud dengan Persamaan Dasar Akuntansi?

Persamaan dasar akuntansi adalah merupakan hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan Persamaan Dasar Akuntansi ?

Persamaan dasar akuntansi adalah persamaan yang menggambarkan hubungan antara harta, utang, dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Rumus persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan utang.

Harta = Utang + Modal

1. Harta atau aset adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan

2. Utang adalah kewajiban perusahaan untuk membayar kepada kreditur pada waktu tertentu

3. Modal adalah hak pemilik atas kekayaan yang dimiliki perusahaan

Jumlah sisi aset harus sama dengan jumlah sisi pasiva (utang dan modal). Contoh soal persamaan akuntansi:

  1. Tanggal 2 Januari 2014, Tuan Ishak menyetor uang sebesar Rp250.000.000,00 sebagai modal pendirian perusahaan, maka pencatatannya:
    image

  2. Tanggal 15 Januari 2014, perusahaan membeli kendaraan Rp120.000.000,00 untuk operasional perusahaan secara kredit. Maka pencatatannya:
    image

Berjalannya dengan waktu, modal dapat bertambah atau berkurang karena kegiatan operasional perusahaan yang menghasilkan laba atau rugi. Jika perusahaan laba maka modal akan bertambah, sebaliknya, jika rugi modal akan berkurang. Laba atau rugi perusahaan didapatkan dari pendapatan dan beban. Jika pendapatan > beban, maka perusahaan akan laba, sebaliknya jika pendapatan < beban, maka perusahaan akan rugi. Oleh karena itu persamaan dasar akuntansi berikutnya adalah:

image
Gambar Akun-Akun Aset Dan Utang

Harta = Utang + Modal + Pendapatan - Beban

4. Pendapatan adalah perolehan aset atau sumber ekonomi sebagai imbalan atas penyerahan barang atau jasa. Pendapatan terdiri dari pendapatan usaha (diperoleh dari aktivitas utama perusahaan) dan pendapatan lain-lain (misalnya pendapatan bunga, pendapatan dari hasil menjual aset tetap, dan lain-lain).

5. Beban adalah sejumlah pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam rangka memperoleh pendapatan atau laba. Beban terdiri dari beban usaha dan beban lain-lain. Beban usaha adalah beban yang berhubungan langsung dengan kegiatan utama perusahaan, seperti beban gaji, iklan, listrik, dan lain- lain. Beban lain-lain adalah beban yang bukan dari kegiatan operasional / rutin perusahaan, misalnya beban bunga, beban pengurusan izin, dan lain-lain.

Saldo Normal Suatu Akun

Saldo normal atau posisi saldo sebuah akun adalah posisi dasar suatu akun, apakah di debit atau di kredit. Contohnya adalahsaldo normal kas adalah debit, jika terjadi penambahan pada kas, maka akan di debit, dan jika terjadi pengurangan, maka akan di kredit.

image