Apa yang dimaksud dengan permintaan inelastis sempurna?

Permintaan

Inelastis sempurna maksudnya adalah untuk barang yang penting sekali (kebutuhan yang sangat pokok), berapa pun perubahan harga tidak akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Kurva untuk jenis elastisitas ini akan berbentuk garis lurus yang sejajar dengan sumbu vertikal.

Permintaan in-elastis sempurna terjadi bilamana perubahan harga yang terjadi tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah permintaan.

E = 0, artinya bahwa perubahan sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah permintaan.

Contoh: obat-obatan pada waktu sakit

Permintaan in elastis sempurna

Permintaan dapat diartikan sebagai jumlah barang yang dibutuhkan. Elastisitas adalah nol apabila perubahan harga tidak akan mengubah jumlah yang diminta, yaitu yang diminta tetap saja jumlahnya walaupun harga mengalami kenaikan atau menurun. Permintaan inelastis sempurna adalah ketika kurva permintaan yang koefisien elastisitasnya bernilai nol bentuknyab adalah sejajar dengan sumbu tegak. Seperti pada gambar dibawah ini:

pemintaan inelastis sempurna

Kurva permintaan yang seperti itu adalah kurva permintaan yang dinamakan tidak elastis sempurna. Sedangkan koefisien elastis permintaannya tidak bernilai tidak terhingga apabila pada suatu harga tertentu pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. Berapa pun banyaknya barang yang ditawarkan oleh para penjual pada harga tersebut, semuanya akan dapat terjual.