Apa yang dimaksud dengan Perkembangan Moral dalam Konsep Perkembangan Remaja Akhir?

moral

Banyak tuntutan dari beberapa faktor religius, sosial dan juga nilai serta norma yang bisa mendorong remaja untuk bisa mulai memikul beban dan tanggung jawab. Harapan dan juga tuntutan tersebut yang nantinya melatarbelakangi beberapa tugas baru dalam perkembangan remaja termasuk juga remaja akhir. Ada beberapa konsep mengenai perkembangan remaja akhir salah satunya adalah perkembangan sosial. Apa yang dimaksud dengan perkembangan moral dalam konsep perkembangan remaja akhir?

1 Like

Moral pada dasarnya merupakan rangkaian nilai dari banyak perilaku yang harus dipatuhi dan menjadi kaidah norma serta pranta yang mengatur perilaku individu dalam hubungannya dengan kelompok sosial serta masyarakat sebagai ruang lingkup psikologi perkembangan. Moral adalah standar baik buruk yang akan ditentukan individu dari nilai sosial budaya dimana individu tersebut berperan sebagai anggota sosial.

Remaja nantinya diharapkan bisa mengganti beberapa konsep moral yang berlaku umum dan kemudian meruuskan dalam kode moral yang nantinya akan dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku.