Apa yang dimaksud dengan Perkembangan Emosi dalam Konsep Perkembangan Remaja Akhir?

emosi

Banyak tuntutan dari beberapa faktor religius, sosial dan juga nilai serta norma yang bisa mendorong remaja untuk bisa mulai memikul beban dan tanggung jawab. Harapan dan juga tuntutan tersebut yang nantinya melatarbelakangi beberapa tugas baru dalam perkembangan remaja termasuk juga remaja akhir. Ada beberapa konsep mengenai perkembangan remaja akhir salah satunya adalah perkembangan sosial. Apa yang dimaksud dengan perkembangan emosi dalam konsep perkembangan remaja akhir?

1 Like

Dalam perkembangan remaja akhir dan juga perilaku sehari hari, umumnya akan disertai dengan perbuatan seperti senang dan tidak senang. Perasaan yang menyertai perbuatan tersebut dinamakan sebagai warna afektif yang terkadang kuat, lemah dan terkadang tidak jelas.

Pembentukan konsep diri: Transisi dari periode anak anak menuju dewasa dimana secara psikologis kedewasaan tidak hanya sekedar terlihat dari usia tertentu namun keadaan seorang remaja yang sudah memiliki ciri psikologis tertentu seperti melihat diri sendiri secara objektif, memiliki falsafah hidup tertentu dan sebagainya.