Apa yang dimaksud dengan Peramalan Sumber Daya Manusia?

sdm

Peramalan SDM atau Human Resource Forecasting merupakan proses dalam memperkirakan dan menentukan tingkat sumber daya manusia yang akan dibutuhkan di masa depan untuk membantu memenuhi kebutuhan organisasi. Prakiraan seperti itu mempertimbangkan permintaan dan penawaran tenaga kerja di tempat kerja, termasuk memperhitungkan variabel eksternal yang dapat mempengaruhi sifat dan ukuran organisasi. Peramalan SDM harus dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang.

Sumber

*Bhatta, G. (2015). International Dictionary of Public Management and Governance. London:Routledge.

Perencanaan sumber daya manusia (SDM) adalah proses peramalan kebutuhan sumber daya manusia masa depan organisasi dan menentukan bagaimana kapasitas sumber daya manusia yang ada dari organisasi dapat dimanfaatkan untuk memenuhi persyaratan ini.

Dengan demikian, perencanaan SDM berfokus pada konsep ekonomi dasar permintaan dan penawaran dalam konteks kapasitas sumber daya manusia organisasi. Ini adalah proses dalam manajemen SDM yang membantu manajemen organisasi dalam memenuhi permintaan sumber daya manusia di masa depan dalam organisasi dengan pasokan orang yang tepat dalam jumlah yang sesuai pada waktu dan tempat yang tepat.

Selanjutnya, setelah analisis yang tepat dari persyaratan SDM dapat proses rekrutmen dan seleksi dimulai oleh manajemen. Juga, perencanaan SDM sangat penting untuk menentukan keberhasilan mencapai strategi dan tujuan organisasi. Bahkan, dengan elemen strategi dan tujuan jangka panjang organisasi yang secara luas terkait dengan perencanaan sumber daya manusia hari ini, Perencanaan SDM kini telah menjadi Perencanaan SDM Strategis.