© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan penyakit?

Penyakit

Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.

Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.

Penyakit adalah bentuk reaksi biologis terhadap suatu organism, luka atau benda asing yang ditandai oleh perubahan fungsi–fungsi tubuh sebagai organism biologis, sedangkan sakit adalah penilaian individu terhadap penyakit yang dialaminya sehingga hal ini sangat dipengaruhi oleh feeling /perasaan dari individu.

Misalnya: ada 2 orang yang mempunyai penyakit yang sama namun persepsi antara kedua orang tersebut akan berbeda, mungkin yang satu akan merasa sakit dan satunya lagi tidak merasa dirinya sakit. Seseorang yang terkena penyakit, secara obyektif organ tubuhnya mengalani gangguan fungsi namun dia tidak merasakan sakit. Sebaliknya seseorang dapat merasa sakit jika merasakan sesuatu dalam tubuhnya, namun dari pemeriksaan klinis tidak ditemukan bukti penyakitnya.

Konsep sehat yang berkembang di masyarakat yakni bila orang dapat bekerja atau menjalankan rutinitasnya sehari–hari, sedangkan orang sakit adalah orang sudah tidak dapat menjalankan pekerjaannya atau sudah tidak dapat bangkit dari tempat tidur.

Jenis-jenis penyakit adalah sebagai berikut :

  • Penyakit menular adalah Penyakit yang disebabkan oleh kuman yang menjangkiti tubuh manusia. Kuman dapat berupa virus, bakteri, amuba, atau jamur.

    Beberapa jenis penyakit yang menular : Anthrax, Malaria, DBD, TBC, Rabies, Flu Burung, dll

  • Penyakit Tidak Menular adalah Penyakit yang tidak disebabkan oleh kuman, tetapi disebabkan karena adanya problem fisiologis atau metabolisme pada jaringan tubuh manusia.

    Beberapa jenis penyakit yang menular : batuk, seriawan, sakit perut, keracunan makanan, ketergantungan dan penyalahgunaan obat terlarang, kecelakaan, penyakit gangguan mental dll.

  • Penyakit Kronis adalah Penyakit yang berlangsung sangat lama. Beberapa penyakit kronis yang sering menyebabkan kematian kepada si penderitanya antara lain: AIDS, Serangan jantung, Kanker, dll.